Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Partisipasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Siswa SMA Negeri Kesamben
Abstract
Partisipasi dapat diartikan sebagai keterlibatan siswa terhadap proses pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Partisipasi siswa dalam pembelajaran sangat menentukan kelancaran proses belajar mengajar dan juga menggambarkan nuansa pembelajaran yang menciptakan interaksi yang baik antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap partisipasi belajar siswa dalam proses pembelajaran penjasorkes. Desain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen one Group Pretest – Posttest Design. Penelitian ini populasinya adalah siswa SMA Negeri Kesamben kelas X sebesar 198 siswa dengan jumlah sampel 28 siswa pada kelas X-IPS-3. Pengambilan Sampling dari penelitian ini adalah cluster sampling dan digunakan uji statistik. Dari data hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata data pretest sebesar 42,97% dan setelah mendapat treatment peningkatan rata – rata terhadap hasil partisipasi belajar siswa meningkat sebesar 75,33%. Kesimpulannya adalah adanya pengaruh tingkat partisipasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning pada pembelajaran penjasorkes. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan tingkat partisipasi siswa dalam pembelajaran yang lainnya.
Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning, Partisipasi belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.