stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Partisipasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Siswa SMA Negeri Kesamben | Cahyani | JOURNAL PROCEEDING

Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Partisipasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Siswa SMA Negeri Kesamben

Sinta Ayu Cahyani, Mecca Puspitaningsari

Abstract


Partisipasi dapat diartikan sebagai keterlibatan siswa terhadap proses pembelajaran guna mencapai  tujuan  pembelajaran  yang  diharapkan.  Partisipasi  siswa  dalam  pembelajaran sangat menentukan kelancaran proses belajar mengajar dan juga menggambarkan nuansa pembelajaran yang menciptakan interaksi yang baik antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap partisipasi belajar siswa dalam proses pembelajaran penjasorkes. Desain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan  jenis  penelitian  eksperimen  one  Group  Pretest – Posttest  Design.  Penelitian  ini populasinya  adalah  siswa  SMA  Negeri  Kesamben  kelas  X  sebesar 198  siswa  dengan jumlah  sampel  28  siswa  pada  kelas  X-IPS-3.  Pengambilan  Sampling  dari  penelitian  ini adalah  cluster  sampling  dan  digunakan  uji  statistik.  Dari  data  hasil  penelitian menunjukkan  bahwa  rata – rata  data  pretest  sebesar  42,97%  dan  setelah  mendapat treatment  peningkatan  rata – rata  terhadap  hasil  partisipasi  belajar  siswa  meningkat sebesar 75,33%. Kesimpulannya adalah adanya pengaruh tingkat partisipasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning pada pembelajaran penjasorkes. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan tingkat partisipasi siswa dalam pembelajaran yang lainnya.

Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning, Partisipasi belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol