Perbedaan Rata – Rata Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Antara Penerapan Model Pembelajaran Berbasis MasalahDengan Model Pembelajaran Langsung di SMK Negeri 2 Jombang

Rosy Susanti, Syarifatul Maf'ulah

Abstract


Model pembelajaran merupakan bagian yang tidak bisa dilepaskan dari suatu pembelajaran. Agar  tujuan  pembelajaran  matematika  dapat  tercapai  maka  diperlukan  penerapan  model pembelajaran  yang  tepat  yang  didalam kegiatan  pembelajarannya  mengindikasi  tujuan pembelajaran  matematika.  Salah  satu  model  pembelajaran  tersebut  adalah  model pembelajaran  berbasis  masalah  (PBM).Model  PBM  merupakan  suatu  model  pembelajaran yang menyodorkan permasalahan nyata kepada siswa dalam pelaksanaannya dan mendorong siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri. Model PBM akan membangun pemahaman siswa  terhadap  pengertian  dan  langkah – langkah  kerja  dalam  matematika  bukan menghafalkannya dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari – hari sehingga akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Di sisi lain ada salah satu model pembelajaran yang juga dapat membangun pemahaman siswa, model pembelajaran tersebut yaitu model pembelajaran langsung.  Model  pembelajaran  langsung  dikembangkan  secara  khusus  untuk  meningkatkan proses  pembelajaran  siswa  terutama  dalam  hal  memahami  sesuatu  (pengetahuan)  dan menjelaskan  secara  utuh  sesuai  pengetahuan  prosedural  dan  pengetahuan  deklaratif  yang diajarkan  secara  bertahap.  Model  pembelajaran  langsung  yang  memuat  pengetahuan procedural  dan  pengetahuan  deklaratif  diharapkan  dapat  meningkatkan  ketrampilan  dasar dan ketrampilan akademik siswa yang akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Kedua model pembelajaran yang telah diuraikan sama – sama diharapkan akan mempengaruhi hasil belajar siswa,namun  kedua  model  memiliki  karakteristik  yang  berbeda.  Karena  itu  perlu diselenggarakan penelitian mengenahi model PBM dan model pembelajaran langsung sebagai referensi guru dalam memilih model pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya perbedaan rata – rata hasil belajar matematika siswa kelas X antara penerapan model  PBM  dengan  model  pembelajaran    langsung  di  SMK  Negeri  2  Jombang.  Jenis penelitian  ini  adalah  penelitian  kuantitatif  eksperimental  dengan  desain penelitian  posttest Only  Control  Design.  Data  dalam  penelitian  ini  dianalisis  dengan  menggunakan  uji t. Hasil dari uji t didapatkan nilai t-hitung = 4,138 sedangkan nilai t-tabel = 1,6972. Karena t-hitung ≥ t-tabel, maka H0 ditolak. Kesimpulannya ada perbedaan rata – rata hasil belajar siswa antara  yang diajar  menggunakan  model  PBM  dengan  model  pembelajaran  langsung  di  SMK  Negeri  2 Jombang.

Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika Siswa , Model PBM, Model pembelajaran Langsung

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.