Upaya Peningkatan Senam Irama Seribu melalui Metode Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas V SDN Jogoloyo Sumobito Kabupaten Jombang Tahun Ajaran 2016-2017

Umar Wahyudi, Basuki .

Abstract


Hasil Identifikasi masalah  yang  dialakukan  dilapangan menunjukkan  hasi  belajar  siswa dalam  melakukan  gerakan  Senam  Irama  Sribu  belum  memenuhi  target dan  perlu  segera dicarikan  solusi  atau  dilakukan  perbaiakan. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui peningatan  hasil  belajar nilai  psikomotor Senam  Irama  menggunaan  metode  Kooperatif tipe  jigsaw    pada  Siswa  SDN  Jogoloyo  Sumobito  Jombang  tahun  pelajaran  2016/2017. Hasil  penelitian  menunjukkan  adanya  peningkatan  hasil  belajar  siswa  dalam  bentuk kemampuan  gerakan  Senam  lrama  di  setiap  siklusya,  dimana  reapitulasi data  yang diperoleh sebagai berikut : pada tahap awal kemampuan siswa pada gerakan pemanasan 62%, Inti 61%, 66%, sedangkan ketuntasan belajar siswa hanya 44%. Pada silus I terjadi peningkatan  kemampuan  belajar  siswa  dalam  gerakan  pemanasan  78%,  inti  67%, pendinginan  75%,  sedangkan  ketuntasan  belajar  siswa  menjadi  70%.  Pada  siklus  II, kemampuan  siswa  pada  gerakan  pemanasan  79%,  Inti76%,  pendinginan  79%,ketuntasan siswa  mencapai  88%. Dari  hasil  penelitian  yang  dilakukan  dapat  disimpulkan  bahwa metode kooperatif tipe Jigsaw terbukti dapat meningkatkan nilai psikomotor siswa.

Kata Kunci: Senam Irama Seribu, Metode Kooperatif Tipe jigsaw


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.