Upaya Peningkatan Senam Irama Seribu melalui Metode Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas V SDN Jogoloyo Sumobito Kabupaten Jombang Tahun Ajaran 2016-2017
Abstract
Hasil Identifikasi masalah yang dialakukan dilapangan menunjukkan hasi belajar siswa dalam melakukan gerakan Senam Irama Sribu belum memenuhi target dan perlu segera dicarikan solusi atau dilakukan perbaiakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningatan hasil belajar nilai psikomotor Senam Irama menggunaan metode Kooperatif tipe jigsaw pada Siswa SDN Jogoloyo Sumobito Jombang tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam bentuk kemampuan gerakan Senam lrama di setiap siklusya, dimana reapitulasi data yang diperoleh sebagai berikut : pada tahap awal kemampuan siswa pada gerakan pemanasan 62%, Inti 61%, 66%, sedangkan ketuntasan belajar siswa hanya 44%. Pada silus I terjadi peningkatan kemampuan belajar siswa dalam gerakan pemanasan 78%, inti 67%, pendinginan 75%, sedangkan ketuntasan belajar siswa menjadi 70%. Pada siklus II, kemampuan siswa pada gerakan pemanasan 79%, Inti76%, pendinginan 79%,ketuntasan siswa mencapai 88%. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa metode kooperatif tipe Jigsaw terbukti dapat meningkatkan nilai psikomotor siswa.
Kata Kunci: Senam Irama Seribu, Metode Kooperatif Tipe jigsaw
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.