Peningkatan Aktivitas Belajar MatematikaMelalui Pendekatan Pengajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) Pada Siswa Kelas VIII A SMP Swadaya Kesamben

Zakaria ., Wiwin Sri Hidayati

Abstract


Penelitian  ini  dilatarbelakangi  oleh  rendahnya  aktivitas  belajar  matematika  siswa  kelas VIII  A  yang  disebabkan keinginan  siswa  untuk  menemukan  dan  membangun  sendiri pengetahuannya  masih  rendah.Siswa  hanya  bergantung  pada  guru  untuk  membantu menyelesaikan  permasalahan.Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mendiskripsikan peningkatan  aktivitas  belajar  siswa  dengan  menerapkan  pendekatan  pengajaran  terbalik pada  siswa  kelas  VIII  A SMP  Swadaya  Kesamben  tahun  ajaran  2016/2017 dalam  materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas  yang  mempunyai  tahapan  dari  perencanaan,  pelaksanaan  tindakan,  observasi, evaluasi  dan  refleksi.Instrumen  yang  digunakan  pada  penelitian  ini  adalah  lembar pengamatan  aktivitas  guru, lembar  pengamatan  aktivitas  siswa dan  format  catatan lapangan. Data  pada  penelitian  ini  diperoleh  dengan  menggunakan  metode  observasi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII A SMP Swadaya Kesamben tahun pelajaran 2016/2017  dengan jumlah  24  siswa. Hasil  pengamatan  dengan  menerapkan  pendekatan pengajaran  terbalik (reciprocal  teaching)  menunjukkan  bahwa  rata-rata  aktivitas  guru pada  siklus  I  sebesar  72,22%    meningkat  menjadi  93,06%  pada  siklus  II dan  rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 60,09% meningkat menjadi 83,98% pada siklus. Jadi penelitian  ini  menunjukkan  adanya  peningkatan  aktivitas  belajar  matematika  siswa  kelas VIII  A  SMP  Swadaya  Kesamben  dengan  menerapkan  pendekatan  pengajaran  terbalik (reciprocal teaching).

Kata Kunci: Pendekatan Pengajaran Terbalik, Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.