SURVEY KINERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA GURU SMP NEGERI SE-KECAMATAN PETERONGAN KABUPATEN JOMBANG TAHUN 2017/2018

Rendra Wahyu Pradana, Puguh Satya Hasmara

Abstract


Guru  pendidikan  jasmani,  olahraga  dan  kesehatan  mempunyai  peran  penting  terhadap pembentukan watak dan tumbuh dan berkembangnya peserta didik. Dalam penekanannya guru pendidikan jasmani dan olahraga harus memperhatikan aspek produktif, kreatif, inovatif dan berkarakter.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  bagaimana  kinerja  guru  pendidikan jasmani,  olahraga  dan  kesehatan  pasca  penerapan  kurikulum  2013  dalam  merencanakan, melaksanakan,  dan  mengevaluasi  proses  pembelajaran  pada  SMP  Negeri  Se  kecamatan Peterongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dari penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani, kesehatan dan olahraga SMP Negeri  Se-  Kecamatan  Peterongan.  Perolehan  rata-rata  persentase  skor  pada  setiap kompetensi ini kemudian dikonversikan dalam skala nilai 100. Kriteria nilai yang didapatkan 0 –  25  (kurang),  26  –  50  (cukup),  51  –  75  (baik),  dan  76  –  100  (baik  sekali).  Rata-rata  hasil perbandingan 14 kompetensi yang sudah diberikan tesebut, maka diperoleh hasil bahwa guru pasca  penerapan  kurikulum  2013  lebih  baik  kinerjanya  dibandingkan  dengan  guru  sebelum penerapan  kurikulum  2013.  Dapat  dilihat  dari  perolehan  skor  nilai  2  (dua)  pada  setiap kompetensi. Terjadi peningkatan sebanyak 18.55% dari  kurikulum KTSP ke Kurikulum 2013. Simpulan dalam penelitian ini adalah setelah dilakukan penilaian melalui pengisian instrumen PKG,  dapat  diperoleh  hasil  guru  pasca  kurikulum  2013  lebih  baik  dari  pada  guru  sebelum penerapan kurikulum 2013. 

 Kata Kunci: Kinerja Guru, Guru Pendidikan Jasmani dan Olahraga.  


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.