SURVEY KINERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA GURU SMP NEGERI SE-KECAMATAN PETERONGAN KABUPATEN JOMBANG TAHUN 2017/2018
Abstract
Guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan mempunyai peran penting terhadap pembentukan watak dan tumbuh dan berkembangnya peserta didik. Dalam penekanannya guru pendidikan jasmani dan olahraga harus memperhatikan aspek produktif, kreatif, inovatif dan berkarakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pasca penerapan kurikulum 2013 dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran pada SMP Negeri Se kecamatan Peterongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dari penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani, kesehatan dan olahraga SMP Negeri Se- Kecamatan Peterongan. Perolehan rata-rata persentase skor pada setiap kompetensi ini kemudian dikonversikan dalam skala nilai 100. Kriteria nilai yang didapatkan 0 – 25 (kurang), 26 – 50 (cukup), 51 – 75 (baik), dan 76 – 100 (baik sekali). Rata-rata hasil perbandingan 14 kompetensi yang sudah diberikan tesebut, maka diperoleh hasil bahwa guru pasca penerapan kurikulum 2013 lebih baik kinerjanya dibandingkan dengan guru sebelum penerapan kurikulum 2013. Dapat dilihat dari perolehan skor nilai 2 (dua) pada setiap kompetensi. Terjadi peningkatan sebanyak 18.55% dari kurikulum KTSP ke Kurikulum 2013. Simpulan dalam penelitian ini adalah setelah dilakukan penilaian melalui pengisian instrumen PKG, dapat diperoleh hasil guru pasca kurikulum 2013 lebih baik dari pada guru sebelum penerapan kurikulum 2013.
Kata Kunci: Kinerja Guru, Guru Pendidikan Jasmani dan Olahraga.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.