Pengaruh Penerapan Hellison Models Dalam PembelajaranBolaBasket Terhadap Pengembangan Tanggungjawab SiswaSMA Negeri 22 Bandung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan Hellison Models dalam pembelajaran bola basket terhadap pengembangan tanggungjawab siswa SMA Negeri 22 bandung. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode quasi experiments yang dilakukan terhadap 40 orang siswa (20 siswa yang mengikuti penerapan Hellison Models dalam pembelajaran bola basket), (20 siswa yang tidak mengikuti penerapan Hellison Models dalam pembelajaran bola basket) yang berasal dari SMA Negeri 22 Bandung. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket tanggung jawab siswa, semua data di analisis menggunakan (1) pengujian validitas intrumen (2) pengujian reliabilita instrument (3) menghitung rata-rata dan simpangan baku (4) uji normalitas (5) uji homogenitas (6) uji hipotesis dengan bantuan Program SPSS Windows versi 17. Hasil analisis data menunjukan bahwa tingkat tanggung jawab siswa yang mengikuti kegiatan penerapan Hellison Models dalam pembelajaran bola basket 83,96. Berdasarkan hasil uji- independen sample test terbukti bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara penerapan Hellison Models dalam pembelajaran bola baske, sedangkan hasil uji-homogenitas terbukti ada korelasi yang homogen antara pembelajaran Hellison Models pembelajaran bola basket yang berasal dari SMA Negeri 22 Bandung terhadap pengembangan tanggungjawab siswa yang efektif sebesar 3,864. Artinya siswa yang mengikuti kegiatan penerapan pembelajaran Hellison Models berpengaruh terhadap pengembangan tanggungjawab siswa. Kata Kunci: Hellison Models, Pendidikan Jasmani, Tanggungjawab..
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.