Pengembangan Permainan Sirkuit Untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani, Mengenal Huruf Dan Angka Pada Anak Taman Kanak-Kanak Se-Distrik Merauke
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan dan mengembangkan sebuah model permainan sirkuit untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengenal huruf dan angka pada anak Taman Kanak- Kanak Se-Distrik Merauke. Dalam penelitian pengembangan ini, langkah-langkah yang harus ditempuh meliputi: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain dan instrument, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi, dan (8) produksi/implementasi produk. Uji coba penelitian dilakukan terhadap 441 siswa Taman Kanak- Kanak Se-Distrik Merauke, yaitu 90 siswa pada uji coba skala kecil dan 150 siswa pada uji coba skala besa. Teknik analisis data terdiri dari teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil akhir penelitian ini adalah sebuah produk model permainan sirkuit, buku panduan permainan sirkuit dan Compact Disk (CD) yang berisi video pelaksanaan permainan sirkuit dengan total nilai kualitas produk sebesar 99.27% atau termasuk dalam kategori sangat baik.
Kata Kunci: Permainan, Sirkuit, Kebugaran Jasmani, Huruf, Angka
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.