Pengembangan Permainan Sirkuit Untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani, Mengenal Huruf Dan Angka Pada Anak Taman Kanak-Kanak Se-Distrik Merauke

Afif Khoirul Hidayat, Syamsudin .

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  menghasilkan  dan  mengembangkan  sebuah  model  permainan  sirkuit untuk  meningkatkan  kebugaran  jasmani,  mengenal  huruf dan angka  pada anak  Taman  Kanak- Kanak  Se-Distrik  Merauke.  Dalam  penelitian  pengembangan  ini,  langkah-langkah  yang  harus ditempuh  meliputi:  (1)  potensi  dan  masalah,  (2)  pengumpulan  data,  (3)  desain  produk,  (4) validasi  desain  dan  instrument,  (5)  revisi  desain,  (6)  uji  coba  produk,  (7)  revisi,  dan  (8) produksi/implementasi produk. Uji coba penelitian dilakukan terhadap 441 siswa Taman Kanak- Kanak Se-Distrik Merauke, yaitu 90 siswa pada uji coba skala kecil dan 150 siswa pada uji coba skala besa. Teknik analisis data terdiri dari teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan teknik analisis  data  deskriptif  kualitatif.  Hasil  akhir  penelitian  ini  adalah  sebuah  produk  model permainan  sirkuit,  buku  panduan permainan  sirkuit  dan  Compact  Disk  (CD)  yang  berisi  video pelaksanaan permainan sirkuit dengan total nilai kualitas produk sebesar 99.27% atau termasuk dalam kategori  sangat baik. 

Kata Kunci: Permainan, Sirkuit, Kebugaran Jasmani, Huruf, Angka 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.