Modifikasi Alat Pembelajaran Melalui Permainan Tonnis Dalam Aspek Keterampilan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas IV SDN Kebraon I Surabaya)
Abstract
Pola pembelajaran pada tingkat pendidikan dasar harus dilakukan secara terpadu, karena secara psikologis perkembangan kemampuan kognisi, kemampuan sosio-emosional, kemampuan pengembangan moral dan perkembangan fisik peserta didik usia sekolah dasar terjadi secara terpadu dan saling ketergantungan. Tujuan penelitian penelitian ini adalah: (1) Mengkaji pengaruh modifikasi alat pembelajaran melalui permainan tonnis terhadap aspek keterampilan hasil belajar PJOK pada siswa kelas IV SDN Kebraon I Surabaya, (2) Untuk mengkaji peningkatan modifikasi alat pembelajaran melalui permainan tonnis terhadap aspek keterampilan hasil belajar PJOK pada siswa kelas IV SDN Kebraon I Surabaya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian ekperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini untuk mengembangkan suatu produk atau menyempurnakan produk yang telah ada. Populasi adalah keseluruhan subjek penelitian. Apabila seseorang meneliti semua elemen yang ada dalam wilayah penelitian, maka penelitian merupakan penelitian populasi, maka sampel ditiadakan. Dalam penilaian ini dilakukan beberapa instrumen untuk memperoleh data di SDN Kebraon I Surabaya, yaitu instrumen penelitian digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian, diketahui bahwa: Dari hasil uji t untuk kelompok kelas A pada pembelajaran tonnis mendapatkan nilai thitung > ttabel atau 16,742 > 1,699. Pemberian modifikasi alat ternyata berpengaruh pada aspek keterampilan hasil belajar siswa dalam permainan tonnis. Setelah diketahui ada pengaruh, maka penghitungan peningkatan yang terjadi adalah terjadi sebesar 33%. Dari hasil uji t untuk kelompok B mendapatkan nilai thitung > ttabelatau 9,424 > 1,697. Hasil penghitungan adalah terjadi sebesar 32%. Dari hasil uji t untuk kelompok B mendapatkan nilai thitung > ttabel atau 8,368 > 1,699. Dengan kata lain bahwa pemberian modifikasi alat ternyata berpengaruh pada aspek keterampilan hasil belajar siswa dalam permainan tonnis. Setelah diketahui ada pengaruh modifikasi alat pembelajaran melalui permainan tonnis terhadap aspek ketrampilan hasil belajar siswa, penghitungan selanjutnya dilakukan untuk mengetahui seberapa besarnya peningkatan yang terjadi. Hasil penghitungan adalah terjadi sebesar 29%. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa modifikasi alat pembelajaran permainan tonnis dapat meningkatkan keterampilan hasil belajar siswa, namun perlu di kembangkan lagi dan masih memerlukan penyesuaian dengan situasi dan kondisi di sekolah
Kata Kunci: Keterampilan Hasil Belajar, permainan Tonnis, Modifikasi Alat Pembelajaran.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.