Modifikasi Alat Pembelajaran Melalui Permainan Tonnis Dalam Aspek Keterampilan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas IV SDN Kebraon I Surabaya)

Toni Kogoya, Nanik Indahwati, Andun Sudijandoko

Abstract


Pola  pembelajaran  pada  tingkat  pendidikan  dasar  harus  dilakukan  secara  terpadu,  karena secara psikologis perkembangan kemampuan kognisi, kemampuan sosio-emosional, kemampuan pengembangan  moral  dan  perkembangan  fisik  peserta  didik  usia  sekolah  dasar  terjadi  secara terpadu  dan  saling  ketergantungan.  Tujuan  penelitian  penelitian  ini  adalah:  (1)  Mengkaji pengaruh modifikasi alat pembelajaran melalui  permainan tonnis terhadap aspek keterampilan hasil  belajar  PJOK  pada  siswa  kelas  IV  SDN  Kebraon  I  Surabaya,  (2)  Untuk  mengkaji peningkatan  modifikasi  alat  pembelajaran  melalui    permainan  tonnis  terhadap  aspek  keterampilan hasil belajar PJOK pada siswa kelas IV SDN Kebraon I Surabaya.  Penelitian  ini  termasuk  dalam  jenis  penelitian  ekperimen  dengan  menggunakan  pendekatan kuantitatif.  Penelitian  ini  untuk  mengembangkan  suatu  produk  atau  menyempurnakan  produk yang  telah  ada.  Populasi  adalah  keseluruhan  subjek  penelitian.  Apabila  seseorang  meneliti semua  elemen  yang  ada  dalam  wilayah  penelitian,  maka  penelitian  merupakan  penelitian populasi,  maka  sampel  ditiadakan.  Dalam  penilaian  ini  dilakukan  beberapa  instrumen  untuk memperoleh  data  di  SDN  Kebraon  I  Surabaya,  yaitu  instrumen  penelitian  digunakan  untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian, diketahui bahwa: Dari hasil uji  t untuk kelompok kelas A pada pembelajaran tonnis  mendapatkan  nilai  thitung  >  ttabel  atau  16,742  >  1,699.  Pemberian  modifikasi  alat ternyata  berpengaruh  pada  aspek  keterampilan  hasil  belajar  siswa  dalam  permainan  tonnis. Setelah  diketahui  ada  pengaruh,  maka  penghitungan  peningkatan  yang  terjadi  adalah  terjadi sebesar 33%. Dari hasil uji t untuk kelompok B mendapatkan nilai thitung > ttabelatau 9,424 > 1,697.  Hasil  penghitungan  adalah  terjadi  sebesar  32%.  Dari  hasil  uji  t  untuk  kelompok  B mendapatkan  nilai  thitung  >  ttabel  atau  8,368  >  1,699.  Dengan  kata  lain  bahwa  pemberian modifikasi  alat  ternyata  berpengaruh  pada  aspek  keterampilan  hasil  belajar  siswa  dalam permainan  tonnis.  Setelah  diketahui  ada  pengaruh  modifikasi  alat  pembelajaran  melalui permainan  tonnis  terhadap  aspek  ketrampilan  hasil  belajar  siswa,  penghitungan  selanjutnya dilakukan  untuk  mengetahui  seberapa  besarnya  peningkatan  yang  terjadi.  Hasil  penghitungan adalah terjadi sebesar 29%. Berdasarkan  hasil  analisis  data,  dapat  disimpulkan  bahwa  modifikasi  alat  pembelajaran permainan  tonnis  dapat  meningkatkan  keterampilan  hasil  belajar  siswa,  namun  perlu  di kembangkan lagi dan masih memerlukan penyesuaian dengan situasi dan kondisi di sekolah 

Kata Kunci: Keterampilan Hasil Belajar, permainan Tonnis, Modifikasi Alat Pembelajaran. 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.