Reliabilitas Dan Indek Kesepakatan Kelompok Rater Pada Penilaian Keterampilan Gerak Dasar Menggunakan Sistem Process-Oriented

Setyorini .

Abstract


Tujuan: membentuk dua kelompok rater untuk menilai keterampilan gerak dasar menggunakan sistem  penilaian  process-oriented  yang  memiliki  reliabilitas  dan  nilai  agreement  yang  layak. Satu  kelompok  rater  menilai  keterampilan  gerak  lokomotor  dan  yang  lainnya  menilai keterampilan  gerak  manipulatif.  Para  rater  dipersiapkan  untuk  terlibat  pada  penelitian Pengaruh  Program  Live  Life  Well  at  School  dan  Pemberian  Reward  terhadap  Keterampilan Gerak  Dasar.  Sebanyak 20  siswa  kelas  III  SD  Muhammadiyah  Ikrom  Wage  kecamatan Taman kabupaten Sidoarjo menjadi partisipan. Tujuh rater yang terlibat dipasang-pasangkan menjadi satu  kelompok  rater.  Setiap  kelompok  rater  beranggotakan  3  rater.  Instrumen  penilaian keterampilan gerak dasar menggunakan sistem process-oriented. Untuk menghitung reliabilitas tiga  rater  menggunakan  Intra  Class  Corelation  (ICC),  dan  untuk  mengetahui  signifikan kesepakatan  dua  rater  menggunakan  koeffisien  Kappa.  Hasil:  Terdapat  35  kemungkinan kombinasi  tiga  rater  menjadi  satu  kelompok  mendapatkan  nilai  ICC  di  atas  0,4.  Terdapat  21 kemungkinan  kombinasi  dua  rater  yang  diuji  menggunakan  koefisien  kappa  untuk  menilai keterampilan gerak lokomotor dan manipulatif, pada keterampilan gerak lokomotor terdapat 13 pasang  dengan  agreement  rendah  dan  indek  kesepakatan  tidak  layak,  sedangkan  pada  gerak manipulatif terdapat tiga pasang dengan agreement rendah dan indek kesepakatan tidak layak. Berdasarkan  nilai  ICC,  agreement,  dan  kappa  maka  terbentuk  kombinasi  kelompok  rater  yang memiliki reliabilitas dan agreement yang layak.  

Kata Kunci: agreement, keterampilan gerak dasar, process-oriented, dan reliabilitas.   


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.