Reliabilitas Dan Indek Kesepakatan Kelompok Rater Pada Penilaian Keterampilan Gerak Dasar Menggunakan Sistem Process-Oriented
Abstract
Tujuan: membentuk dua kelompok rater untuk menilai keterampilan gerak dasar menggunakan sistem penilaian process-oriented yang memiliki reliabilitas dan nilai agreement yang layak. Satu kelompok rater menilai keterampilan gerak lokomotor dan yang lainnya menilai keterampilan gerak manipulatif. Para rater dipersiapkan untuk terlibat pada penelitian Pengaruh Program Live Life Well at School dan Pemberian Reward terhadap Keterampilan Gerak Dasar. Sebanyak 20 siswa kelas III SD Muhammadiyah Ikrom Wage kecamatan Taman kabupaten Sidoarjo menjadi partisipan. Tujuh rater yang terlibat dipasang-pasangkan menjadi satu kelompok rater. Setiap kelompok rater beranggotakan 3 rater. Instrumen penilaian keterampilan gerak dasar menggunakan sistem process-oriented. Untuk menghitung reliabilitas tiga rater menggunakan Intra Class Corelation (ICC), dan untuk mengetahui signifikan kesepakatan dua rater menggunakan koeffisien Kappa. Hasil: Terdapat 35 kemungkinan kombinasi tiga rater menjadi satu kelompok mendapatkan nilai ICC di atas 0,4. Terdapat 21 kemungkinan kombinasi dua rater yang diuji menggunakan koefisien kappa untuk menilai keterampilan gerak lokomotor dan manipulatif, pada keterampilan gerak lokomotor terdapat 13 pasang dengan agreement rendah dan indek kesepakatan tidak layak, sedangkan pada gerak manipulatif terdapat tiga pasang dengan agreement rendah dan indek kesepakatan tidak layak. Berdasarkan nilai ICC, agreement, dan kappa maka terbentuk kombinasi kelompok rater yang memiliki reliabilitas dan agreement yang layak.
Kata Kunci: agreement, keterampilan gerak dasar, process-oriented, dan reliabilitas.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.