stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
Pentingkah Rasa Percaya Diri Pembelajar Dipelihara untuk Menjamin Tingginya Prestasi Belajar Renang? | Hartoto | JOURNAL PROCEEDING

Pentingkah Rasa Percaya Diri Pembelajar Dipelihara untuk Menjamin Tingginya Prestasi Belajar Renang?

Setiyo Hartoto

Abstract


Berenang menjadi satu alternatif untuk berekreasi sembari memberikan latihan fisik untuk tetap menjaga kondisi tubuh agar memiliki kecukupan gerak. Tetapi pada kenyataannya, tidak semua orang  memiliki  rasa  nyaman  untuk  mau  beraktivitas  di  dalam  air  terutama  pada  mereka  yang kurang  memiliki  keterampilan  dalam  berenang.  Mereka  yang  memiliki  keterampilan  berenang kurang,  biasanya  memulai  belajar  renang  dengan  rasa  kurang  percaya  diri.  Tidak  terkecuali pada  mahasiswa  calon  guru  PJOK  yang  dituntut  untuk  memiliki  keterampilan  berenang  yang cukup. Idealnya, pembelajaran renang dimulai dengan menumbuhkan rasa percaya diri kepada peserta  didik  agar  mereka  nyaman  beraktivitas  di  dalam  air.  Kenyamanan  dalam  belajar memberikan  peluang  kepada  peserta  didik  untuk  mau  mengikuti  segala  instruksi  di  dalam pembelajaran. Walaupun rasa percaya diri dirasa bersifat fluktuatif, namun peserta didik yang memiliki rasa percaya diri tinggi diyakini akan memiliki kemauan untuk lebih banyak berlatih di dalam  proses  pembelajaran.  Sehingga  mereka  berpeluang  besar  untuk  mampu  mencapai  hasil belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara rasa percaya diri dengan prestasi belajar  renang pada peserta didik. Digunakan jenis penelitian korelasi antara dua  variabel  yaitu  percaya  diri  dan  prestasi  belajar  renang.  Variabel  percaya  diri  diukur menggunakan kuesioner, dan prestasi belajar renang diukur menggunakan tes. Subjek penelitian sebanyak 131 mahasiswa semester dua jurusan pendidikan olahraga FIK Unesa. Analisis data menggunakan  korelasi  product-moment  pada  taraf  signifikansi  sebesar  5%.  Hasil  penelitian menunjukkan  bahwa  terdapat  hubungan  positif  antara  percaya  diri  dengan  prestasi  belajar renang. Pemeliharaan rasa percaya diri perlu dilakukan agar peserta didik senantiasa memiliki konsep diri yang positif untuk mencapai prestasi belajar yang tinggi.  

Kata Kunci: belajar renang, percaya diri, dan prestasi belajar.   


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol