Pentingkah Rasa Percaya Diri Pembelajar Dipelihara untuk Menjamin Tingginya Prestasi Belajar Renang?
Abstract
Berenang menjadi satu alternatif untuk berekreasi sembari memberikan latihan fisik untuk tetap menjaga kondisi tubuh agar memiliki kecukupan gerak. Tetapi pada kenyataannya, tidak semua orang memiliki rasa nyaman untuk mau beraktivitas di dalam air terutama pada mereka yang kurang memiliki keterampilan dalam berenang. Mereka yang memiliki keterampilan berenang kurang, biasanya memulai belajar renang dengan rasa kurang percaya diri. Tidak terkecuali pada mahasiswa calon guru PJOK yang dituntut untuk memiliki keterampilan berenang yang cukup. Idealnya, pembelajaran renang dimulai dengan menumbuhkan rasa percaya diri kepada peserta didik agar mereka nyaman beraktivitas di dalam air. Kenyamanan dalam belajar memberikan peluang kepada peserta didik untuk mau mengikuti segala instruksi di dalam pembelajaran. Walaupun rasa percaya diri dirasa bersifat fluktuatif, namun peserta didik yang memiliki rasa percaya diri tinggi diyakini akan memiliki kemauan untuk lebih banyak berlatih di dalam proses pembelajaran. Sehingga mereka berpeluang besar untuk mampu mencapai hasil belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara rasa percaya diri dengan prestasi belajar renang pada peserta didik. Digunakan jenis penelitian korelasi antara dua variabel yaitu percaya diri dan prestasi belajar renang. Variabel percaya diri diukur menggunakan kuesioner, dan prestasi belajar renang diukur menggunakan tes. Subjek penelitian sebanyak 131 mahasiswa semester dua jurusan pendidikan olahraga FIK Unesa. Analisis data menggunakan korelasi product-moment pada taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara percaya diri dengan prestasi belajar renang. Pemeliharaan rasa percaya diri perlu dilakukan agar peserta didik senantiasa memiliki konsep diri yang positif untuk mencapai prestasi belajar yang tinggi.
Kata Kunci: belajar renang, percaya diri, dan prestasi belajar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.