Optimalisasi Majalah Dinding Kelas Dalam Membangun Budaya Literasi Produktif di MTs Al-Ihsan Kalikejambon Tembelang Jombang

Syarifatul Maf'ulah

Abstract


Budaya literasi di Indonesia masih tergolong sangat rendah, padahal budaya literasi sangat penting bagi perkembangan suatu bangsa dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Demikian pula kondisi mikro masyarakat pelajar di MTs Al-Ihsan Kalikejambon Tembelang Jombang, perlu pengembangan budaya literasi yang efektif dan produktif. Dalam kajian ini akan dibahas  bagaimana optimalisasi majalah dinding kelas dalam upaya membangun budaya literasi produktif siswa di madrasah ini. Kajian  ini penting dilakukan untuk meningkatkan budaya literasi di Indonesia, terutama di kalangan  siswa sekolah. Kajian ini  bersifat deskriptif yang berusaha menggambarkan bagaimana budaya literasi ini dapat dibangun dengan mengoptimalkan keberadaan majalah dinding kelas. Dalam menghadapi tantangan ini, penulis menggunakan metode pendidikan dan pelatihan yang dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran serta melatih ketrampilan siswa dalam menuliskan ide-ide yang ditemukannya. Optimalisasi majalah dinding kelas ini menjadi lebih efektif  apabila didukung oleh kegiatan literasi membaca, melalui penyediaan pojok baca di setiap kelas maupun revitalisasi perpustakaan sekolah yang ada. Program tersebut sangat penting dalam memperkaya pengetahuan dan wawasan siswa, sehingga dapat menumbuhkan ide-ide siswa dan meningkatkan daya kreativitas siswa. Oleh karena itu, perlu selalu memperbarui sumber bacaan pada pojok baca maupun perpustakaan dengan menambah koleksi buku bacaan agar kegiatan literasi produktif yang diupayakan dapat terwujud secara efektif dan keberlanjutan

Kata Kunci : Optimalisasi, Majalah dinding kelas, Budaya literasi produktif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.