PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK, PAIR AND SHARE PADA SISWA KELAS X-1 SMA KOSGORO SAMBENG LAMONGAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Imroatul Laili

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah membantu siswa agar kemampuan menulis pantun yang dimiliki dapat meningkat. Karena siswa merasa kesulitan untuk mengawali menulis pantun, saat menulis pantun, dan setelah menulis pantun. Dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think, Pair and Share merupakan alternatif yang tepat untuk membantu siswa agar lebih mudah mengawali menulis pantun, saat menulis pantun, dan setelah menulis pantun dengan menyenangkan. Dalam pembelajaran Think Pair Share dibagi menjadi tiga langkah, yang pertama (Think) yaitu berpikir, yang kedua (Pair) yaitu berpasangan dan yang ketiga (Share) yaitu berbagi.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan melalui dua siklus dengan data sumber penelitian siswa kelas X-1 SMA Kosgoro Sambeng Lamongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think, Pair and Share dapat meningkatkan keterampilan menulis pantun siswa. Keterampilan siswa dalam menulis pantun terus meningkat setiap siklus, ini dibuktikan dengan nilai menulis pantun dan respon siswa dalam angket.

Berdasarkan pembahasan hasil penelitian siklus I, maka diperoleh data 12 siswa memperoleh nilai baik dan 9 siswa yang mendapat nilai rendah. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan, yakni 21 siswa memperoleh nilai diatas KKM. Berdasarkan hasil tersebut disarankan bagi guru Bahasa Indonesia agar model pembelajaran kooperatif tipe Think, Pair and Share dapat terus diterapkan dalam pembelajaran menulis, karena dapat diterapkan pada semua keterampilan menulis. Model pembelajaran kooperatif tipe Think, Pair and Share juga dapat membantu siswa agar selalu bertindak aktif, kreatif dan kritis dalam proses belajar mengajar.


Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v1i1.101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia



Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/