stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
KAJIAN LEKSIKOSTATISTIK BAHASA JAWA JOMBANG DENGAN BAHASA JAWA MANDURO | Kusniawati | SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

KAJIAN LEKSIKOSTATISTIK BAHASA JAWA JOMBANG DENGAN BAHASA JAWA MANDURO

Linda Kusniawati

Abstract


Bahasa adalah salah satu komponen yang paling penting dalam kehidupan manusia. Salah satu fungsi bahasa adalah sebagai identitas suatu masyarakat pengguna bahasa tersebut Bahasa Jawa Jombang adalah bahasa suku Jawa yang digunakan oleh masyarakat yang tinggal di kabupaten Jombang. Sedangkan bahasa Jawa Manduro adalah bahasa etnik Madura yang digunakan oleh masyarakat Jombang yang tinggal di Ds. Manduro Kec. Kabuh Kab. Jombang. Kedua bahasa ini dipilih karena pemakai dari kedua bahasa ini sering bertemu dan berkomunikasi.

Penelitian dalam bahasa Jawa Jombang dengan Bahasa Jawa Manduro ini bertujuan untuk memperoleh deskriptif tentang tingkat kekerabatan dan waktu pisah kedua bahasa tersebut. Waktu pelaksanaan penelitian adalah pada tanggal 20 Juni 2014. Lokasi penelitian berada di Rumah Ibu Warsih di Ds. Manduro Kec. Kabuh Kab. Jombang.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif karena penelitian ini menggunakan data yang bersifat angka-angka dan bilangan. Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosentase tingkat kekerabatan dan waktu pisah antara bahasa Jawa Jombang dengan bahasa Jawa Manduro.

Langkah-langkah pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan beberapa tahapan yaitu observasi, menentukan objek penelitian, perekaman dan transkip data. Sedangkan langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini adalah dengan langkah-langkah antara lain pembacaan data, pengklasifikasian data, deskripsi data dan analisis data.



Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v1i1.102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia



Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol