PENGGUNAAN GAYA BAHASA PERULANGAN DALAM BUKU PIDATO ABURIZAL BAKRIE “MEMBANGUN MANUSIA INDONESIA” KARYA LALU MARA SATRIA WANGSA

Putri Prahorowati

Abstract


Abstrak : Stilistika  adalah  ilmu  yang mempelajari  gaya  bahasa  yang  merupakan  bagian  linguistik  yang  memusatkan  pada variasi-variasi penggunaan bahasa tetapi tidak secara eksklusif memberikan perhatian khusus  kepada  penggunaan  bahasa  yang  kompleks. Melalui stilistika akan bisa diketahui maksud, pikiran,  jiwa,  dan  kepribadian  pengarang  dengan cara khasnya.

Dalam skripsi ini membahas mengenai gaya bahasa perulangan, mengenai bentuk penelitian ini ada tiga bentuk gaya bahasa perulangan yakni, epizeukis, anafora, dan epistrofa yang terkandung dalam Buku Pidato Aburizal Bakrie “ Membangun Manusia Indonesia” karya Lalu Mara Satria Wangsa.

Sehubungan dengan hal itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa perulangan epizeukis,anfora, dan epistrofa dalam Buku Pidato Aburizal Bakrie “ Membangun Manusia Indonesia” karya Lalu Mara Satria Wangsa. Permasalahan yang dibahas dianalisis dengan menggunakan teori Tarigan (2013:182).

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptiif kualitatif, yaitu memberikan deskripsi data secara ilmiah. Sumber data dalam penelitian ini adalah Buku Pidato Aburizal Bakrie “ Membangun Manusia Indonesia” karya Lalu Mara Satria Wangsa, kemudian sumber data dipilih berdasarkan gaya bahasa perulangan dengan menggunakan teknik : pembacaan, pemberian tanda, pemberian kode, identifikasi, dan klasifikasi.

Hasil penelitian ini terdapat 70 data diantaranya, gaya bahasa perulangan epizeukis berjumlah 30  data,  gaya bahasa perulangan anfora berjumlah 20 data, dan gaya bahasa perulangan berjumlah 20 data.  Hasil penelitian ini menunjukkan gaya bahasa perulangan epizeukis lebih mendominasi dalam Buku pidato Aburizal Bakrie “ Membangun Manusia Indonesia” karya Lalu Mara Satria Wangsa.

Melalui hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gaya bahasa perulangan dipakai unuk menjelaskan gagasan, meyakinkan, membandingkan dan mempengarui pembaca atau pendengar. Melalui Buku Pidato Aburizal Bakrie “ Membangun Manusia Indonesia” karya Lalu Mara Satria Wangsa dapat dideskripsikan bagaimana gaya bahasa perulangan mampu mempengaruhi pembacanya.


Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v1i1.106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia



Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/