PENGARUH USIA TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI BAHASA KEDUA
Abstract
Setiap individu dianugrah kemampuan berbahasa. Bahasa tersebut diperoleh, diwaris dan ditumbuhkembangkan dari waktu ke waktu. Setiap manusia menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi dan alat untuk berinteraksi antara sesamanya. Setelah seseorang memperoleh Bahasa Pertama (B1) dan telah mampu berinteraksi dengan lingkungan sosial di luar keluarga dan kelompoknya, individu tersebut butuh menguasai bahasa lainnya dalam hal ini disebut bahasa kedua (B2). B2 adalah bahasa yang diperoleh anak setelah mereka memperoleh bahasa lain. Kemampuan B2 berwujud dari kegiatan pembelajaran B2 yang umunya terjadi dalam ruang kelas formal, Kebutuhan pemerolehan B2 muncul karena seseorang memerlukan bahasa baru untuk dapat berkomunikasi dan menyesuaikandiri di lingkungan sosial yang lebih besar. Selainitu, juga terdapat alasan imigrasi, kebutuhan perdagangan, ilmupengetahuan dan pendidikan. Masalah yang dijawab dalam penelitian ini Pengaruh usia terhadap kemampuan memahami bahasa kedua, Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan metode statistik yaitu data disusun, diananlisis berdasarkan perhitungan statistik korelasi product moment. Analisis data diperoleh bahwa r hitung lebih kecil dari r tabel atau 0,024 >0,396 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) ada pengaruh usia terhadap pemerolehan bahasa kedua siswa kelas VII A SMP Negeri 7 Dompu tahun pembelajaran 2014/2015 dinyatakan ditolak. Dengan demikian usia bukanlah yang menjadi kendala bagi seseorang dalam mempelajari bahasa kedua.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhadiah, S., dkk. 1997. Teori Belajar Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Yogyakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. ajakarta: Bumi Aksara.
Brown, H. Douglas. 2008. Prinsip pembelajaran dan pengajaran bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat
Chaer, Abdul. 2003. Psikolingustik: Kajian Teoritik.Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Djarwowidjojo, Soejono. 2008. Psikolinguistik: Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia .
Deswita. 2007. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Dulay, Heidi, Marina Burt dan Stephen Krashen. 1982. Language Two. New York: Oxford Univercity Press.
Eda. 2009. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemerolehan Bahasa Kedua. Available in.
Ellis, R. 2000. Understanding Second Language Acquisition. Oxford: Oxford University Press
Ghazali, A. S. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa.Bandung: Refika Aditama.
Harras dan Bachari. 2009. Dasar-dasar Psikolinguistik. Bandung: UPI Press.
Klein, W. 1986.Second Language Acquisition. Cambridge: Cambridge University Press.
Krashen, Stephen D. 2002. SecondLanguage Acquisition and Secon Language Learning.Caliornia: Pergamon Press
Ryatno.2001. Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah.Malang: IKIP Malang.
Rebecca, L. 2001. Language Learning Strategies. New York: Oxford University Press.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandug: Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandug: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v8i2.1264
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia
Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:
![]() | ![]() | ![]() | ||
![]() | ||||
Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/