PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATERI NEGOSIASI MELALUI METODE PEMBELAJARAN TWO-STAY TWO-STRAY SISWA KELAS X TKR SMK SULTAN AGUNG 1 TEBUIRENG JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2018

Anton Wahyudi

Abstract


Berdasarkan hasil observasi di kelas X TKR 7 SMK Sultan Agung 1 Tebuireng Jombang terdapat permasalahan mengenai keterampilan berbicara peserta didik yaitu banyak peserta didik yang tidak percaya diri untuk berbicara di depan umum karena merasa gugup dan malu. Selain itu, karena kurangnya persiapan dalam hal materi disebabkan oleh peserta didik yang kurang memperhatikan pembelajaran. Hal ini terjadi pada saat kegiatan praktik negosiasi, sehingga mengakibatkan ada peserta didik yang memeroleh nilai terendah yaitu 60.

Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui penerapan suatu metode pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada materi negosiasi peserta didik kelas X TKR 7 SMK Sultan Agung 1 Tebuireng Jombang tahun pelajaran 2018 – 2019, (2) untuk meningkatkan keterampilan berbicara materi negosiasi melalui metode pembelajaran pada peserta didik kelas X TKR 7 SMK Sultan Agung 1 Tebuireng Jombang tahun pelajaran 2018 – 2019.

Oleh karena itu, peneliti mencoba meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik melalui metode pembelajaran Two-Stay Two-Stray. Metode pembelajaran tersebut sangat berpengaruh untuk melatih kemampuan dan keterampilan peserta didik dalam berbicara dengan cara berinteraksi karena menerapkan sistem pembelajaran kelompok yang bertujuan agar peserta didik dapat saling bekerja sama antar peserta didik lain.

. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan metode pembelajaran Two-Stay Two-Stray mampu meningkatkan percaya diri peserta didik dan memberikan suasana pembelajaran yang menyenangkan, (2) keterampilan berbicara pada materi negosiasi peserta didik kelas X TKR 7 SMK Sultan Agung 1 Tebuireng Jombang tahun pelajaran 2018 – 2019 mengalami peningkatan, terlihat dari hasil rata-rata kelas yang meningkat pada pra siklus hanya 65,90, siklus I mulai mengalami peningkatan menjadi 67,63, dan siklus II meningkat menjadi 81,18.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v6i2.1282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/