stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN 2 CERME PACE NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2018 | Agustin | SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN 2 CERME PACE NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2018

Ratna Agustin

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa, siswa masih takut dan kurang percaya diri untuk menyampaikan argumentasinya dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil keterampilan berbicara siswa kelas V pada pokok bahasan Teks Argumentasi dengan menggunakan model pembelajaran Tipe Team Games Tournament. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai Juni 2018, bertempat di kelas V SDN 2 CERME PACE NGANJUK.

Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif, dengan alat pengumpulan data berupa pengamatan, dokumentasi, catatan lapangan, dan wawancara. Instrumen penelitian ini meliputi lembar pengamatan aktifitas guru dan siswa, dan intrumen penilaian keterampilan berbicara siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe Team Games Tournament terjadi suasana yang menyenangkan sehingga hasil keterampilan berbicara siswa meningkat, yaitu dari hasil siklus I ke Siklus II terdapat peningkatan, pada siklus 1 presentase rata-rata siswa yang tuntas adalah sebesar 35% sedangkan siklus 2 terjadi peningkatan presentase rata-rata kelas menjadi 85% sehingga terjadi peningkatan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan dengan menggunakan model pembelajaran tipe Team Games Tournament dapat meningkatkan hasil keterampilan berbicara siswa.


Keywords


Keterampilan Berbicara, model pembelajaran Kooperatif tipe TGT

Full Text:

PDF

References


Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Mulyatiningsih, Endang. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta:Alfabeta.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Tarigan.Guntur. (2008). Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung:Bandung.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v6i3.1290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol