PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN 2 CERME PACE NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2018
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa, siswa masih takut dan kurang percaya diri untuk menyampaikan argumentasinya dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil keterampilan berbicara siswa kelas V pada pokok bahasan Teks Argumentasi dengan menggunakan model pembelajaran Tipe Team Games Tournament. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai Juni 2018, bertempat di kelas V SDN 2 CERME PACE NGANJUK.
Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif, dengan alat pengumpulan data berupa pengamatan, dokumentasi, catatan lapangan, dan wawancara. Instrumen penelitian ini meliputi lembar pengamatan aktifitas guru dan siswa, dan intrumen penilaian keterampilan berbicara siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe Team Games Tournament terjadi suasana yang menyenangkan sehingga hasil keterampilan berbicara siswa meningkat, yaitu dari hasil siklus I ke Siklus II terdapat peningkatan, pada siklus 1 presentase rata-rata siswa yang tuntas adalah sebesar 35% sedangkan siklus 2 terjadi peningkatan presentase rata-rata kelas menjadi 85% sehingga terjadi peningkatan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan dengan menggunakan model pembelajaran tipe Team Games Tournament dapat meningkatkan hasil keterampilan berbicara siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Mulyatiningsih, Endang. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta:Alfabeta.
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Tarigan.Guntur. (2008). Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung:Bandung.
DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v6i3.1290
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia
Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:
![]() | ![]() | ![]() | ||
![]() | ||||
Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/