PEMANFAATAN MEDIA PEMBACA LAYAR PADA MAHASISWA TUNA NETRA DI STKIP PGRI JOMBANG
Abstract
Dalam proses perkuliahan terdapat beberapa strategi yang bisa diterapkan agar setiap materi yang diberikan mampu diterima dengan baik oleh semua mahasiswa. Bagi penyandang disabilitas khususnya mahasiswa tunanetra juga membutuhkan strategi pembelajaran / media pembelajaran yang mampu membuat penyandang disabilitas memahami materi perkuliahan dengan baik. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media pembaca layar pada proses pembelajaran metode penelitian bagi mahasiswa tuna netra di STKIP PGRI Jombang. Media Pembaca layar mampu memberikan kemudahan dalam memahami materi perkuliahan karena media ini memberikan efek suara pada komputer terhadap semua meteri yang diberikan oleh para pendidik dalam proses perkuliahan dan mengerjakan tugas. Peneliti mengamati pemanfaatan media pembaca layar dalam perkuliahan metode penelitian. Subjek penelitian ini adalah Bagus Satriawan, Mahasiswa tuna netra Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Jombang angkatan 2016. Dari Hasil pengamatan dan wawancara diperoleh data bahwa Media pembaca layar mampu memberikan kemudahan kepada mahasiswa tuna netra dalam membaca materi, mengerjakan tugas dan menjawab ujian semester.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Nnn
DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v8i1.1418
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia
Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:
![]() | ![]() | ![]() | ||
![]() | ||||
Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/