Ragam Bahasa Pedagang di Pasar Kawasan Makam Gus Dur Tebuireng Jombang

Suci Armala, Udjang Pairin M. Basir, Yulianah Prihatin

Abstract


Bahasa merupakan apresiasi dari pemikiran kita yang biasanya dituangkan dalam bentuk tulisan,suara dan lain-lain untuk mengungkapkan apa isi pikiran kita agar orang lain mengerti, karena bahasa itu sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam melakukan segala kegiatan sosial, seperti kegiatan sosial yang berada dipasar. Penelitian ini mengarah ke pasar  Kawasan Makam Gus Dur yang merupakan pasar wisata di Jombang lebih tepatnya berada di Tebuireng, pasar ini terletak didekat museum nusantara dimana pasar ini menyediakan barang untuk dibuat oleh- oleh jika para wistawan berkunjung ditempat ini untuk melakukan ziarah ke Makam pahlawan yang dimakamkan disini yaitu K.H. Hasyim Asyari, Gus Dur dan Gus Sholah yang semakin hari pengunjung ditempat ini semakin banyak,  pedagang disini menggunakan beberapa bahasa  dimana dalam ragam bahasa ini untuk menarik minat pembeli karena pembeli yang berada di pasar KMGD ini dari luar daerah Jombang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jenis ragama bahasa yang digunakan oleh pedagang di pasar KMGD Tebuireng Jombang. Ruang lingkup penelitian ini dilakukan agar mengetahui jenis ragam bahasa yang digunakan pedagang makanan, pedagang pakaian dan pedagang aksesoris yang berada di pasar KMGD tersebut. Metode penelitian ini yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan cara menggunakan teknik pengumpulan data seperti survey, rekam, simak, catat. Teknik analisis data yang digunakan yakni data collection, data reduction, data display, conclusing drawing/ verification. Hasil penelitian saya menemukan jenis ragam bahasa yang dipakai oleh pedagang di KMGD Tebuireng Jombang yakni jenis ragama bahasa santai yang biasanya digunakan untuk berbicara dengan teman atau keluarga.


Keywords


RAGAM BAHASA, PASAR

Full Text:

PDF

References


Basir, Udjang Pr. M. 2010. Kajian Sosiolinguistik Budaya: Dinamika Perkembangan Bahasa Jawa pa Pagelaran Wayang Kulit Modern dan Etos Dalang Muda dalam Budaya Jawa, Potret Cocial Culuture Masyarakat Jawa Masa Kini. http://www. ikadbudi.uny.ac.id/informasi/kajian-sosiolinguistik-budaya-dinamika-perkembangan-bahasa-jawa-pada-pagelaran-wayang (Diakses pada taggal 17 Februari 2020).

Basir. Udjang Pr. M. 2010. Menulis Artikel: Konsep Dasar dan Aplikasi.http://www.academi.edu/38109634/Menulis Artikel Konsep Dasar dan Aplikasi (Diakses pada taggal 16 Februari 2020).

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta

Prihatin. Yulianah. 2015. Belajar Mengajar Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Jetis Mojokerto: Tesis. http://eprints.Uny.ac.id (Diakses pada tanggal 14 Maret 2020)




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v8i2.1423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/