INTERAKSI AKADEMIK DOSEN DAN MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI SASTRA JEPANG DALAM PERSPEKTIF FUNGSI TINDAK TUTUR

Heru Prasetyono Ardi

Abstract


Penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif ini bertujuan untuk menemukan tindak tutur dalam interaksi akademik antara dosen dan mahasiswa saat menerapkan fungsi tindak tutur. Penelitian ini melibatkan data tuturan berupa dialog lisan dengan konteks situasi pendukung yang terjadi di kelas saat dosen bukan penutur asli (non-native speaker) melakukan interaksi akademik pada Program Studi Sastra Jepang Universitas Mahasaraswati Denpasar. Penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik teknik simak bebas libat cakap (SBLC) ditunjang teknik catat. Prosedur yang digunakan dalam mengimplementasikan Teknik SBLC yaitu, peneliti tidak terlibat langsung atau tidak ikut berpartisipasi dalam menentukan pembentukan dan pemunculan calon data, namun hanya menjadi pemerhati terhadap calon data. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dosen bahasa Jepang menggunakan sejumlah fungsi, yaitu (1) fungsi ekspresif ketika memberikan salam, respon dalam bentuk pujian, (2) fungsi direktif ketika dosen meminta mahasiswa untuk melakukan sesuatu, (3) fungsi komisif mengacu pada tindakan menawarkan dan berjanji, (4) fungsi asertif merujuk pada tindak tutur mengikat mahasiswa untuk melaporkan maupun menyebutkan serta (5) fungsi deklaratif bertujuan untuk memberi maaf dan mengijinkan siswa dalam interaksi akademik di kelas, tuturan dosen dominan menggunakan ragam hormat bentuk teineigo ‘santun’ karena ditunjang oleh faktor konteks situasi formal di dalam.

Keywords


Tindak tutur, fungsi tindak tutur, Interaksi dosen dan mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Andriyani, A. A. A. D. (2018). The Speech Act Expressive Functions within The Interactions of Tourism Actors with The Japanese Tourist in Bali. Jurnal Ilmiah Lingua Idea, 9(2), 67-81.

Andriyani, A. A. A. D., Djatmika, D., Sumarlam, S., & Rahayu, E. T. (2019). Pengaruh Lintas Budaya Tingkat Tutut Hormat Keigo melalui Media Sosial antara Driver Guide dan Wisatawan Jepang di Bali. MOZAIK HUMANIORA, 19(1), 1-17.

Andriyani, A. A. A. D., Djatmika, D., Sumarlam, S., & Rahayu, E. T. (2019). Analysis of Original Japanese ‘Uchisoto’Concept Used by Indonesian Speaker as Tourism Actors in Bali. IJELTAL (Indonesian Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics), 3(2), 297-311.

Andriyani, A. A. A. D., Atiqah, Annisa N. (2018). Bahasa Jepang Bisnis “Tingkat Tutur Bahasa Jepang Untuk Pelaku Industri Pariwisata”. Yogyakarta: Erhaka Utama.

Amin, N. (2018). Analisis Tindak Tutur Dosen Dalam Interaksi Pembelajaran dan Implikasinya Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Sastra Arab UMI. Tamaddun, 17(2), 12-19.

Austin, J. L. (1967). How to Do Things with Words. A Galaxy Book, New York: Oxford University.

Cutting, J. (2008). Pragmatics and Discourse, A Resource Book for Students. London: Routledge.

Djatmika. (2016). Mengenal Pragmatik Yuk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Elmita, W., Ermanto, E., & Ratna, E. (2013). Tindak Tutur Direktif Guru dalam Proses Belajar Mengajar di TK Nusa Indah Banuaran Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(2), 139-147.

Gunarwan, A. (2007). Pragmatik Teori dan Kajian Nusantara. Jakarta: Universitas Atmajaya.

Gunarwan, A. (2007). Implikatur dan Kesantunan Beberapa Tilikan dari Sandiwara Ludruk. PELBBA 18. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Hanifa, N., & Wahyudi, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Buku Saku pada Materi Menulis Hikayat di Kelas X SMA Darul Ulum 3 Jombang, Jawa Timur. SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(4), 12-25.

Jumanto. (2011). Pragmatik. Dunia Linguistik Tak Selebar Daun Kelor. Semarang: WorldPro Publishing.

Kridalaksana, H. (1992). Kamus Linguistik. Edisi ke-3. Jakarta: Gramedia.

Leech, G. (1983). Principles of Pragmatics. London and New York: Longman.

Leech, G. (1993). Prinsip-Prinsip Pragmatik (diterjemahkan oleh M.D.D.Oka). Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Levinson, C. (1983). Pragmatics. Cambridge: Cambridge University Press.

Levinson, C. (1989). Pragmatics. Cambridge: Cambridge Universitas Press.

Modern Linguistics, 4,651-663. doi: 10.4236/ojml.2014.45056.

Mahsun. (2012). Metode Penelitian Bahasa. Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Depok: Radjagrafindo Persada.

Mey, J.L. (2001). Pragmatics: An Introduction. Australia: Blackwell Publishing.

Mulyani. (2012). Bahasa Guru’Tindak Tutur Direktif Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar di Kelas’. Surakarta: UNS Press.

Nadar, F.X. (2009). Pragmatik & Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Naryanti, A. (2009). Realisasi Kesantunan Berbahasa di kalangan Mahasiswa dalam Berinteraksi dengan Dosen dan Karyawan (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Rahardi, K. (2005). Pragmatik. Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Rahayu, T. (2013). Sistem dan Fungsi Tingkat Tutur Bahasa Jepang dalam Domain Perkantoran. Disertasi. Universitas Sebelas Maret.

Rustono. (1999). Pokok-pokok Pragmatik. Semarang: CV IKIP Semarang Press.

Searle, J. R. (1969). Speech Acts, An Essay in The Philosophy of Language. Cambridge: Cambridge University Press.

Sudaryanto. (1988). Metode Linguistik. Bagian Kedua. Metode dan Aneka Teknik Pengumpulan Data. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sudjianto, Dahidi A. (2004). Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Kesaint Blanc.

Susanti, R., Sumarlam, S., Djatmika, D., & Rohmadi, M. (2016). Retorika interpersonal pragmatik dalam tindak tutur direktif antara dosen dan mahasiswa dalam kegiatan akademik (studi kasus di Politeknik Indonusa Surakarta). PROSIDING PRASASTI, 620-624.

Sutedi, D. (2008). Dasar-dasar Lingustik Jepang. Bandung: Humaniora.

Wijana, I D. P. (1996). Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi.

Wijana, I D. P. (2006). Sosiolinguistik: Kajian Teori dan Analisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yule, G. (1996). Pragmatics. New York: Oxford University Press.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v8i3.1492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/