Kesantunan Tindak Tutur Direktif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Daring

Nurul Hidayat, Laili Etika Rahmawati

Abstract


Abstrak - Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kesantunan tindak tutur direktif dalam pembelajaran bahasa Indonesia secara daring.  Jenis penelitian adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak, catat, dan rekam. Objek penelitian ini ialah kesantunan tindak tutur direktif. Teknik analisis data yang digunakan adalah model triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kesantunan tindak tutur direktif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia secara daring di SMA A dan SMA B diperoleh kesantunan tindak tutur direktif yaitu: (1) meminta, (2) mengajak, (3) menawar, (4) menyilakan, dan (5) memerintah.  

Kata Kunci: tindak tutur direktif, kesantunan, pembelajaran


Keywords


tindak tutur direktif, kesantunan, pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, W,A, F. 2020. Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(1):55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Hanum, N.S. 2013. “Keefektifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta”. Jurnal pendidikan vokasi. 3 (1):282-289. journal.uny.ac.id/index.php/jpu/article/view/1584/1314

Khair, U. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra. Jurnal Pendidikan Dasar. 2(1):81.

https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261

Leech, Geoffrey. (2011). Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Moleong. 2011. Metodologi Penelirian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ngalim, Abdul. 2013. “Kesantunan Berbahasa dalam perspektif Sosiolinguistik” dalam Markhamah dan Miftakhul Huda, Kesantunan Berbahasa dalam berbagai perspektif. Cetakan Pertama. Surakarta: Magister Pengkajian Bahasa, Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pranowo. 2009. Berbahasa Secara Santun. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Prayitno, Harun Joko. 2017. Studi Sosiopragmatik. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Safriandi. 2012. Mari Berbahasa Santun. Serambi Indonesia.

Syah, A, N. 2017. “Kesantunan Tindak Tutur Direktif dalam Talk Show Satu Jam Lebih Dekat di Tv One (Tinjauan Pragmatik).” Jurnal Bahasa dan Sastra. 1 (1):94-111.

http://202.0.92.5/adab/Adabiyyat/article/view/1046

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Asosiasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia.

Tarigan, Henri Guntur. 2009. Pengajaran Pragmatik. Bandung: PenerbitAngkasa.

Waryanto, N.H. 2006. Online learning sebagai salah satu inovasi pembelajaran. Jurnal Matematika. 2 (1):10-23.

cholar.google.com/scholar?q=related:SpdL40X4XWUJ:scholar.google.com/&scioq=Online+learning+sebagai+salah+satu+inovasi+pembelajaran.+Jurnal+Matematika&hl=en&as_sdt=0,5

Yuliani, Meda, dkk. 2020. Pembelajaran Daring untuk Pendidikan Teori dan Penerapan. Medan: Kita Menulis.

Yule, George. 2014. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v9i1.1795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/