IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 23 PEKANBARU

Anisa Rahmadani

Abstract


Pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran memberikan kebebasan bagi peserta didik untuk membangun pengetahuannya sendiri untuk menemukan solusi yang disajikan di lingkungan, menstimulus pengetahuan yang telah ada pada peserta didik, dan melatih peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori kemampuan menulis teks eksplanasi hasil prates dan hasil postes siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Pekanbaru, mengetahui komparasi kategori kemampuan menulis teks eksplanasi hasil prates dan hasil postes siswa kelas VIII sekolah menengah pertama 23 Pekanbaru menurut jenis kelamin, mengetahui implementasi pendekatan konstuktivisme dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Pekanbaru, mengetahui samakah komparasi kategori kategori kemampuan menulis teks eksplanasi hasil prates dan hasil postes siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Pekanbaru. Metode penelitian yaitu kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu tes essai dan kegiatan pembelajaran. Data dianalisis menggunakan statistik inferesial parametrik. Hasil penelitian didapat yaitu hasil postes lebih tinggi dibandingkan hasil prates, tidak terdapat perbedaan signifikan kemampuan menulis teks eksplanasi berdasarkan jenis kelamin.Hal ini dilihat dari hasil prates dan  postes yang mengalami peningkatan secara signifikan dari sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan.


Full Text:

PDF

References


Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah

Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Aprianti. 2018. The Grade Xii Students’ Ability In Writing An Explanation TextAs Found At SMA N 1 Kecamatan Payakumbuh. Journal of English Language Teaching. 1(1): 15-16.

Chear, S. L. S., &Nor, M. Y. M. (2020). Intervensi pembelajaran di portal e-

pembelajaran melalui aplikasi WhatsApp dan Telegram berdasarkan

model lima fase Needham. Evaluation in Social Sciences, 9(1), 11-27

Latifah, L. 2016. Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran

Menulis Cerpen (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia)Muhammad, H. (2014).Islam dan Pendidikan Perempuan. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 231- 244

Priyatni dan Harsiati. 2014. Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/MA Kelas XI.

Jakarta: Bumi Aksara.

Restuti. 2013. Mandiri Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Razak, A. 2014. Teks Eksplanasi. Pekanbaru.Autografika.

Razak, A. 2016 Teks Eksplanasi Mediasi Akademik Pembelajaran Bahasa Indoesia

di SMP/Mts. Pekanbaru: Autografika

Razak, A. 2018. Statistika Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.

Razak, A. 2019.Penelitian Pendidikan. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. 2020.Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Pekanbaru:

Ababil Press.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.Tarigan, Hendry Guntur. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa.

Supardan, D. 2016. Teori dan Praktik Konstruktivisme dalam Pembelajaran.

Jurnal Edumonici.4(1): 1-12.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v9i1.1841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/