PENERAPAN METODE PEMODELAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 UKUI

Ririn Septiana, Abdul Razak, Elvrin Septyanti

Abstract


Penerapan metode pemodelan memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperaktekkan keterampilan spesifik yang dipelajari di kelas melalui pemodelan.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori kemampuan menulis teks eksposisi hasil pretes dan hasil postes siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ukui, mengetahui samakah kategori kemampuan menulis teks eksposisi hasil pretes dan hasil postes siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ukui menurut jenis kelamin, mengetahui penerapan metode pemodelan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ukui, mengetahui samakah samakah kategori kemampuan menulis teks eksposisi hasil pretes dan hasil postes siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ukui. Metode penelitian yaitu eksperimen one group pretest-postest. Teknik pengumpulan data yaitu tes essai. .Data dianalisis menggunakan statistik inferesial parametrik. Hasil penelitian didapat yaitu hasil postes lebih tinggi dibandingkan hasil prates, tidak terdapat perbedaan signifikan kemampuan menulis teks eksposisi berdasarkan jenis kelamin. Hal ini dilihat dari hasil pretes dan postes yang mengalami peningkatan secara signifikan dari sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan.


Full Text:

PDF

References


Akhaidiah, Sabarti. 2012. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.Arikunto, Suharsimi. dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Alwasilah, Chaedar. 2005. Pokoknya Menulis. Bandung: PT. Kiblat Buku Utama

¬__________. 2007. Pokoknya Menulis. Bandung: PT. Kiblat Buku Utama.

Audina, Yuni. 2018. Kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tembilahan Kota. (Skripsi). Universitas Riau:Fakulatas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Artati, Budi Y. 2009. Kreatif Menulis. Klaten: PT Intan Pariwara.

Budiharto, Suparman dan Eny Dwi Lestariningsih. 2018. “Penerapan Blended E-Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran”, Jurnal Ilmu-ilmu Sejarah,Sosial,Budaya dan Kependidikan, Vol.5(1) FKIP UPBJJ-UT Semarang.

Bukhari. 2010. Keterampilan Berbahasa (Membaca dan Menulis). Banda Aceh: Yayasan Pena.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Deswita, Siska. 2018. Kemampuan Membaca Teks Deskripsi dan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Pekanbaru.

Dewi, Andi Susi Suriana Puspita. 2016. “Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Konawe Selatan”. Jurnal Humanika, Vol.1, No. 16. Universitas Halu Oleo Kendari.

Djamarah, Bahri Syaiful, dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwiari Watara, Puja. 2016. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Strategi Think-Talk-Write Pada Siswa Kelas X-Mipa 1 Sma Negeri 1 Temanggung. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni

Khoiru, Ahmadi Lif. 2010. Proses pembelajaran Kreatif dan inovatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Mulyadi. Danaira, Fitria. 2013. Bahasa Indonesia untuk SMA-MA/SMK Kelas X. Bandung: Yrama Widya.

Nurhadi. 2014. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapan dalam KBK. Surabaya: Usaha Nasional.

Razak, Abdul. 2017. Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa indonesia. Pekanbaru :Ababil Press.

Razak, Abdul. 2018. Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru. Autografika.

Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Semi, M.A. 2007. Dasar-Dasar Menulis. Bandung: Angkasa.

Sutardi. 2013. Bahasa Indonesia. Jakarta: Sekawan Klaten.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Tarjo. 2019. Metode Penelitian Sistem 3X Baca. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v9i2.1842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/