PENGEMBANGAN ASSESMENT BERBASIS MEDIA GOOGLE FORM PADA MATERI MENGANALISIS STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS PROSEDUR DI KELAS XI MAN 3 KEDIRI

Ahmad Sauqi Ahya, Nurmawati Ucik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media assesment berbasis google form materi menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur di kelas XI MAN 3 Kediri dan (2) mengetahui tingkat keefektifan google form sebagai bahan evaluasi pembelajaran materi menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur di kelas XI MAN 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang disesuaikan dengan pengembangan desain ADDIE; (1) model analisis; (2) model desain; (3) pembangunan; (4) implementasi; dan (5) evaluasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MAN 3 Kediri. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi, wawancara dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi media assesment berbasis Google Form dengan tingkat kelayakan menurut penilaian ahli materi diperoleh 79,8% termasuk kategori layak, penilaian ahli media diperoleh 78,5% yaitu kategori layak, dan penilaian oleh ahli pembelajaran diperoleh 86,3% dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba terbatas diperoleh persentase 86,3% termasuk kategori sangat layak. Hasil uji coba ekstensif diperoleh persentase sebesar 83,6% termasuk kategori sangat layak.


Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W., Krathwohl, D.R., and Bloom, B. S. 2001. A Taxo- nomy For Learning, Teaching, And Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Newyork: Longman. Batubara, H. H. (2016). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen di Prodi PGMI UNISKA Muhammad Arsyad AlBanjari. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 39–50. Retrieved from http://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/91

Nurgiyanto, B. 2010. Litera. Jurnal Penelitian Bahasa dan Pengajarannya, 9(1), 70-80.

Sudjana, N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Rosdakarya.

Tim Penyusun. 2003. UU RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab II Pasal 3. Tujuan Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.

Tim Penyusun. 2013. Diklat Guru. Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. Analisis Materi Ajar Konsep Pendekatan Saintifik. Jakarta: Kemdikbud




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v7i3.2131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/