stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
ANALISIS KEBUTUHAN MAHASISWA TERHADAP BUKU PANDUAN PENULISAN KARYA ILMIAH | Kocimaheni | SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

ANALISIS KEBUTUHAN MAHASISWA TERHADAP BUKU PANDUAN PENULISAN KARYA ILMIAH

Amira Agustin Kocimaheni, Djodjok Soepardjo, Joko Prasetyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan mahasiswa terhadap buku panduan menulis karya ilmiah ditinjau dari bahasan yang diperlukan dalam buku panduan penulisan karya ilmiah. Khususnya kebutuhan buku panduan bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang yang harus menyusun tugas akhir (skripsi/artikel) dalam bahasa Indonesia dan abstrak skripsi dalam bahasa Jepang. penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan sumber data adalah mahasiswa tingkat empat. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner. Hasil dari analisis kebutuhan tersebut adalah terdapat sembilan bahasan yang dibutuhkan oleh mahasiswa terkait dengan penulisan karya ilmiah. Sembilan bahasan tersebut adalah a) definisi karya ilmiah, (b) tata cara penulisan, (c) tata cara penulisan sumber rujukan, (d) penggunaan bahasa, (e) penulisan kata, (f) penggunaan hurup, (g) penggunaan tanda baca, (h) etika penulisan, dan (i) penggunaan tanda baca dalam bahasa Jepang. simpulan penelitian ini adalah dengan telah dideskripsikannya ke-9 bahasan yang dibutuhkan mahasiswa dalam buku panduan, maka proses penyusunan buku panduan dapat mulai dilaksanakan.


Keywords


analisis kebutuhan, buku panduan, karya ilmiah, bahasa Jepang, skripsi

Full Text:

PDF

References


Kurniasih, Imas. (2014). Panduan Membuat Bahan Ajar Buku Teks Pelajaran. Surabaya: Kata Pena.

Ndukwe, J. I. (2015). “Needs Analysis of an English for Academic Purpose (Eap) Programme: English Language Curriculum to the Effectiveness of the Primary School Teacher in Nigeria.” IOSR Journal of Research & Method in Education Ver. III. https://doi.org/10.9790/7388-05434547

Nurhayati. (2012). Silabus: Teori dan Aplikasi Pengembangannya. Leutikaprio.

Nurjannah, N. (2018). Analisa Kebutuhan Sebagai Konsep Dasar dalam Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab di MAN Curup. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 2(1), 49-72.

Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Pers.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v9i4.2151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol