Kampanye Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar di Media Sosial: Praktik di Instagram

Ahmad Nurefendi Fradana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktik kampanye bahasa Indonesia yang baik dan benar di media sosial, khususnya di Instagram. Metode deskriptif kualitatif dipilih dengan menggunakan sumber data yang diperoleh dari media sosial Instagram sebagai basis analisis. Adapun, teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akun Instagram @ivanlanin melakukan kampanye bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan memanfaatkan beragam fasilitas yang tersedia di sana seperti highlights, feed, serta question. Topik kampanye yang dipilih diantaranya kata baku, ejaan, hingga padanan.


Keywords


bahasa Indonesia; media sosial; Instagram

Full Text:

PDF

References


Anwar, F. (2017). Perubahan dan permasalahan media sosial. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 137. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.343

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial & Ilmu Politik Diterbitkan Oleh Fakultas Ilmu Sosial & Politik, Universitas Tulungagung.

Firmansyah, D. (2018). Analysis of language skills in primary school children (study development of child psychology of language). PrimaryEdu-Journal of Primary Education, 2(1), 35. https://doi.org/10.22460/pej.v1i1.668

Fitria, N. (2019). Instagram: Media dalam berprasangka. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 55. https://doi.org/10.32585/advice.v1i1.290

Heryanto, A. (2015). Identitas dan kenikmatan: Politik budaya layar Indonesia. Kepustakaan Populer Gramedia.

Hudaa, S. (2019). Transliterasi, serapan, dan padanan kata: Upaya pemutakhiran istilah dalam bahasa Indonesia. SeBaSa, 2(1), 1. https://doi.org/10.29408/sbs.v2i1.1346

Internet World Stats. (2021). Internet usage in Asia. Internet World Stats. https://www.internetworldstats.com/stats3.htm

Jesslyn, J., & Winduwati, S. (2021). Pemanfaatan media sosial Instagram pada online shop @ivoree.id dalam memasarkan produk. Prologia, 5(1), 135. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.8178

Kertamukti, R., Nugroho, H., & Wahyono, S. B. (2019). Konstruksi identitas melalui stories highlight Instagram kalangan kelas menengah. Jurnal ASPIKOM, 4(1), 26. https://doi.org/10.24329/aspikom.v4i1.502

Lim, M. (2013). Many clicks but little sticks: Social media activism in Indonesia. Journal of Contemporary Asia, 43(4), 636–657. https://doi.org/10.1080/00472336.2013.769386

Madina, L. O. (2019). Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam berkomunikasi. Journal of Dedication to Papua Community, 2(2). https://doi.org/10.34124/jpkm.v2i2.47

Moeljadi, D. (2019). Pengembangan tata bahasa baku bahasa Indonesia (TBBI) daring terpadu. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Mualafina, R. F. (2020). Utilization of online media as a learning media bahasa Indonesia. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 378–394. https://doi.org/10.21009/aksis.030214

Nichols, T. (2018). Matinya kepakaran. Kepustakaan Populer Gramedia.

Prambana, Y., Basuki, R., & Supadi, S. (2020). Analisis kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia dalam teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMAN 01 Bengkulu Tengah. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(3), 413–424. https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.8327

Rahmawati, I. A., Mudzanatun, M., & Royana, I. F. (2019). Analisis kesalahan penerapan kata baku dan tanda baca dalam menulis kembali isi cerita fabel. Mimbar Ilmu, 24(2), 259. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21307

Sudibyo, A. (2021). Jagat digial: Pembebasan dan penguasaan. Kepustakaan Populer Gramedia.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tapsell, R. (2019). Kuasa media di Indonesia: Kaum oligarki, warga, dan revolusi digital. Indonesia. Marjin Kiri.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i1.2283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/