TINDAK TUTUR ASERTIF GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
Penelitian ini membahas jenis-jenis dan makna tindak tutur asertif guru dan siswa. Data yang diambil berupa tuturan guru dan siswa SMP N 19 kota Jambi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik simak ,teknik rekam suara dan gambar, teknik catat. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa tindak tutur yang dominan adalah tindak tutur asertif memberitahukan. Makna yang ditemukan dalam analisis penelitian ini cukup beragam sesuai dengan konteks yang melatar belakangi tuturan itu dituturkan baik makna secara langsung dan tidak langsung, dengan maksud mengartikan tuturan yang ada sehingga penutur dan mitra tutur dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan lancar. Hasil dari penelitian ini sebagai upaya membuktikan bahwa untuk memahami maksud dari suatu tuturan, baik penutur maupun mitra tutur harus mampu memahami konteks situasi tuturan yang melatar belakangi tuturan tersebut ketika diucapkan . Dengan demikian, komunikasi yang terjadi antara penutur dan mitra tutur akan dikatakan berhasil dan tidak menimbulkan kesalah pahaman dalam penafsiran maksud tuturan
Full Text:
PDFReferences
Dahnial Ilmi. 2014 . Tindak Tutur Asertif Dalam Video Program Newshow Metro TV Episode Jam alam Untuk Pelajar. (Universitas Jambi)
Canggara, Hafied. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Sulistiyadi. 2013. Tindak Tutur Asertif Dalam Novel Pawestri Tanpa Idhentiti Karya Suparto Brata (Universitas Negeri Yogyakarta)
Arif Puguh. 2017. Tindak Tutur Asertif Ustad Wijayanto Dalam Peristiwa Tutur “Tanya Ustad ijayanto” Pada Acara Hitam Putih Di Trans7. (Universitas Jember)
Rahma Ari, Rakhmawati Ani . (2020). Analisis Tindak Tutur Guru Dan Siswa Dalam Pembelajar anbahasa Indonesia Di Sekolah Menengah
Atas. 8 (1).
Moeloeng, Lsexy J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: remaja Rosdakarya.
Ibrahim, Syukur Abd. 1993. Kajian Tindak Tutur. Surabaya: Usaha Nasional.
Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-prinsip Pragmatik (Oka, Trans). Jakarta: Universitas Indonesia.
Tarigan,Henry Guntur. 1990.Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa
Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta : Rineka Cipta
Widiyarti, Handayani Eka . Analisis Tindak Tutur Direktif AntaraGuru Dan Siswa Dalam
Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP N 1 Muaro jambi. Edumaspul :jurnal Pendidikan. 6(1) . 177-178.
Gusbella, Phara . Tindak Tutur ekspresif Antara Guru Mata pelajaran Bahasa Indonesia Dan Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 kota Jambi. Jurnal Pendidikan tambusai , 6(1) ,391-1398.
DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i2.2419
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia
Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:
![]() | ![]() | ![]() | ||
![]() | ||||
Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/