PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEK ULASAN BERBENTUK LEAFLET PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA IKAL MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) membuat bahan ajar berbentuk leaflet pada pelajaran Bahasa Indonesia pokok pembahasan teks ulasan; 2) menganalisis kelayakan leaflet untuk bahan ajar pembelajaran bahasa Indonesia pada teks ulasan di kelas VIII SMP Swasta Ikal Medan. Metode R&D digunakan daam penelitian ini dari Borg and Gal. Tahapan pengembangan dengan menggunakan enam tahap yaitu analisis kebutuhan, melakukan pengambilan data, mendesain produk pengembangan, melakukan validasi, revisi produk, dan uji coba skala kecil. Pengembangan divalidasi oleh tiga validator yakni ahli materi dengan penilaian mencapai 93% masuk dalam kategori sangat layak, validasi ahli desain dengan penilaian mencapai 81% masuk kategori sangat layak, validasi guru pelajaran mencapai angka 96% kategori sangat layak, dan uji coba kelayakan skala kecil sebanyak 15 siswa dengan rata-rata penilaian mencapai 91% yang berarti masuk dalam kategori sangat layak. Dari keseluruhan penilan kelayakan bahan ajar yang sudah dipaparkan, bahan ajar berbentuk leaflet pada materi teks ulasan kelas VIII ini memiliki kualitas layak dan dapat diterima sebagai salah satu bahan ajar dengan kategori sangat layak (valid).
Keywords
Kata kunci: pengembangan bahan ajar, leaflet, teks ulasan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i2.2491
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia
Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:
![]() | ![]() | ![]() | ||
![]() | ||||
Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/