IMPLEMENTASI PENDEKATAN BERBASIS SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP

Euis Shalihah, Imam Suwardi, Eddy Pahar

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Implementasi Pendekatan Berbasis Saintifik Pada Pembelajaran Teks Berita. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek Penelitian  ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses implementasi pendekatan saintifik dalam pelaksanaan pembalajaran oleh guru bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi sudah melaksanakan ke lima langkah pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan hal ini telah terlaksanakan dengan baik.     Dapat dilihat dari dari hasil belajar peserta didik telah mendapatkan nilai di atas ketuntasan minimal 75 dan pelaksanaan pembelajarannya sudah sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP. Selama proses pembelajaran berlangsung dan peserta didik dapat memahami teks berita dengan baik

Keywords


Implementasi, pendekatan saintifik, teks berita

Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Anti, T. N., Ariesta, R., & Utomo, P. (2018). Pelaksanaan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smp Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3), 341-349.

Bahri & Zain.(2010).Pelaksanaan Pembelajaran Sekolah Dasar.Bandung: Rosda.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava media.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dab Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemendikbud ( 2013). Materi Pelatihan Guru; Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta.

Kurniasih, I. dan Berlin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Milles dan Huberman, Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992, hlm. 16.

Moeliono, A. M. 2003 Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi ketiga. Jakarta : Balai Pustaka.

Mulyadi, Deddy. 2015. Studi Kebijakan Publikdan Pelayanan Publik: Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.

Mulyasa. 2010. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta:Bumi Aksara.

Nana Sudjana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Putra, Masri Sareb. 2009. Teknik Menulis Berita dan Feature. Jakarta Barat: PT. Indeks.

Setiawan, A. R. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Biologi sebagai Upaya Melatih Literasi Saintifik. In Prosiding Seminar Nasional Biologi (pp. 140-145).

Sugiyono, (2011).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Suhandang, Kustadi. 2010. Penelitian Pengantar Pendidikan. Jurnalistik Seputar Organisasi, Produk, dan Kode Etik. Bandung: Nuansa

Zulkhi, M. D., & Jannah, M. (2021). Perbandingan Permainan Modern dan Permainan Tradisional Terhadap Muatan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Research, 2(2), 42-46.

Zulkhi, M. D., Wardani, R., Oktafia, S. R., Anggraini, W., Kuntarto, E., & Noviyanti, S. (2018). Pemerolehan Bahasa Anak di Sekolah Dasar. Repository Unja.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i3.2605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/