PENGARUH MINAT MEMBACA DAN MENULIS SASTRA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN

Elida Charir Chudsyiah, Moh Badrih, Dyah Werdiningsih, Elva Riezky Maharany

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh minat membaca sastra terhadap kemampuan menulis cerpen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian ekspost facto. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian yaitu siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Malang yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian ini berupa angka yang diperoleh dari kuesioner dan tes; dan teknik yang digunakan berupa analisis statistik. Hasil analisis dengan menggunakan analisis statistik didapatkan (1) pengaruh minat membaca sastra uji hipotesis dengan menggunakan two way anova, diperoleh n Sig= 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Begitu pula dengan Fhasil = 9.939 > Ftabel= 3,32 maka H0 ditolak dan H1 diterima. (2) pengaruh minat menulis sastra diperoleh n Sig= 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. (3) pengaruh minat membaca dan menulis sastra diperoleh n Sig= 0,004 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Begitu pula dengan Fhasil= 10,975 > Ftabel= 3,32 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Tes Post Hoc Tukey HSD dan Bonferroni diperoleh bahwa minat membaca sastra menunjukkan n Sig= 0,502 > 0,05; minat menulis sastra menunjukkan n Sig= 0,002 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa variabel bebas yang paling berpengaruh terhadap variabel terikat adalah minat menulis sastra.


Keywords


pengaruh, minat membaca sastra, minat menulis sastra, kemampuan menulis cerpen

Full Text:

PDF

References


Anjani, Sela Dwi. 2021. Pengaruh Minat Baca Siswa Jurusan IPA Terhadap Kemampuan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMANegeri 5 Lebong. Skripsi. Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. (http://repository.iainbengkulu.ac.id/5984/1/SELA%20DWI%20ANJANI.pdf, diakses pada 27 Januari 2022)

Agung. 2013 dalam http://menuliscerpen-menulis-cerpen.blogspot.com. Diakses, tanggal 5 Februari 2022

Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Dalman. 2014. Penulisan Populer. Jakarta: Rajawali Pers.

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pres.

Lestari, Sri. 2009. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa dengan Pendekatan Kontekstual. Tesis. Surakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. (https://core.ac.uk/reader/12348940, diakses pada 20 Februari 2022)

Rahim, Farida. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara

Septhin, Kristina dkk. 2018. Hubungan Minat Baca dengan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas XI SMK Negeri 9 Samarinda. Jurnal Diglosia Vol. 1 No. 2. (https://media.neliti.com/media/publications/286070-hubunganminat-baca-dengan-kemampuan-men-b65ef634.pdf, Diakses 20 Februari 2022.)

Wiranta, Sujarweni, V. 2020. Metodelogi Penelitian Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Wahyuni, Sri & Syukur Ibrahim, Abd. 2014. Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: Refika Aditama.

Werdiningsih, Dyah. 2015. Strategi Metakognisi Pembelajaran Anak dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan. Th. XXXIV, No. 1: 107-115

Werdiningsih, Dyah, dkk. 2021. The Role of the Dynamics of Critical Thinking and Metacognitive Ability in the Successful learning of Indonesian High School Students. International Journal of Research in Business and Social Science. 10 (7), 319-329.

Yuliana. 2019. Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Diskursus Vol. 2 No. 3. (https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/diskursus/article/view/6708/3367, Diakses tanggal 20 Febuari 2022).




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i3.2730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/