MORALITAS DALAM NOVEL RANAH 3 WARNA KARYA AHMAD FUADI
Abstract
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan wujud nilai moral tokoh utama dan bentuk penyampaian nilai moral dalam novel Ranah 3 Warna. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan objektif dengan menggunakan metode struktural. Data penelitian adalah kalimat atau paragraf terkait wujud nilai moral dan cara penyampaiannya. Sumber datanya adalah novel Ranah 3 Warna. Teknik pengumpulan data yaitu baca dan catat dengan instrumen penulis sendiri sebagai peneliti.Teknik analisis data dengan menggunakan analisis konten. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Di dalam novel Ranah 3 Warna wujud nilai-nilai moral yang ditemukan adalah sebagai berikut. Aspek hubungan manusia dengan orang lain seperti sikap (suka membantu, kerja sama, tanggung jawab, kedisiplinan, kejujuran, percaya diri, memberi semangat kepada orang lain, setia kawan, musyawarah, persahabatan, bersyukur, pantang menyerah, kerja keras, rasa tanggung jawab, empati, rendah hati, menghargai, kekompakan, memanfaatkan waktu luang, berbagi rezeki, dan mendamaikan hati).. Berdasarkan hasil analisis novel dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa di dalam novel Ranah 3 Warna terdapat nilai-nilai moral yang mencakup kepribadian tokoh utama yaitu Alif antara lain seperti (Tekad kuat, Pantang menyerah, Bersungguh-sungguh, Bersabar, Ikhlas, Rasa syukur, Semangat kerja keras, Rasa Tanggung Jawab, Rendah hati, Penyayang, Menghargai Negara, Tangguh, Cerdas, mandiri dan Berprasangka baik/Husnuzon). Bentuk penyampaian moral dalam novel Ranah 3 Warna bersifat langsung dan tak langsung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminuddin. 2002. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Dalam Rubrik “Yunior” Surat Kabar Suara Merdeka Sebagai Alternativ Bahan PengNilai sastra.Yogyakarta.FBS. UNY
Damono, Supardi Djoko. (1984). Sosiologi Sastra Sebuah Pengantar Ringkas.Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Daroesa, Bambang. 1986. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral. Semarang. Aneka Ilmu.
Endraswara, Suwardi. 2004. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta. Penerbit Pustaka Widyatama.
Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta. Penerbit PT. Buku Seru.
Fananie, Zainuddin. 2002. Telaah Sastra. Surakarta. Muhammadiyah Unversity Press.
Febriyanti, Andriyani Ika. 2009. Nilai-Nilai Moral Pada Cerita Pilihan
Haricahyono, Cheppy. 1995. Dimensi-Dimensi Pendidikan Moral. Semarang. IKIP Semarang Pers.
Hartoko, Dick & B. Rahmanto.1986. Pemandu di Dunia Sastra. Yogyakarta: Kanisius.
Haryanti, Sri. (1999). Nilai-nilai Moral dalam Cerita Remaja Minggu Pagi.Yogyakarta.FBS. UNY
Jabrohim. 2012. Teori Penelitian Sastra. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Kumalasari S dan Andhyantoro I. 2012.Kesehatan Reproduksi untuk Mahasiswa Kebidanan dan Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: UGM.
Poerwadarminta W.J.S. 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia.Jakarta : PN Balai Pustaka
Pradopo. Rahmat Djoko. 1995. Beberapa Teori Sastra. Metode Kritik dan Penerapan.Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Pradopo. Rahmat Djoko. 2017. Teori Kritik dan Penerapan dalam Sastra Indonesia Modern.Yogyakarta.Gajah Mada University Press.
Rahmanto, B. 1988.Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.
Rasjidi, H.M. 1984. Persoalan-Persoalan Filsafat.Jakarta. Bulan Bintang.
Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi.Yogyakarta. Gama Media
Sayuti, Suminto. 2000. Evaluasi Teks Sastra. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa
Stanton, Robert. 2007. Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Suharianto.(2005). Dasar-Dasar Teori Sastra. Surakarta: Widya Duta.
Tarigan, Henry Guntur. 1986. Pengajaran Pragmatik. Bandung. Penerbit Angkasa
Wellek, Rene dan Austin Warren.(1990). Teori Kesusastraan Terjemahan Melani Budianto.Jakarta. PT Gramedia.
Wiyatmi. 2006. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta. Penerbit Pustaka.
Zulkhi, M. D., & Jannah, M. (2021). Perbandingan Permainan Modern dan Permainan Tradisional Terhadap Muatan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Research, 2(2), 42-46.
Zulkhi, M. D., Wardani, R., Oktafia, S. R., Anggraini, W., Kuntarto, E., & Noviyanti, S. (2018). Pemerolehan Bahasa Anak di Sekolah Dasar. Repository Unja.
DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i4.2736
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia
Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:
![]() | ![]() | ![]() | ||
![]() | ||||
Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/