Analisis Muatan Tematik Ujaran Dosen Mahasiswa Dalam Perkuliahan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menemukan proposisi ujaran dosen dan mahasiswa dalam perkuliahan, (2) menemukan tema-rema ujaran dosen dan mahasiswa dalam perkuliahan, dan (3) Menemukan keerkaitan muatan tematik ujaran dosen dan mahasiswa dalam perkuliahan. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data penelitian adalah ujaran dosen dan mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Madiun dalam perkuliahan. Perkuliahan yang dijadikan sebagai objek penelitian adalah perkuliahan Keterampilan Menyimak dengan dosen sebagai penutur utama, dan 7 mahasiswa sebagai mitra tutur.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara simak, libat, catat. Penelitian ini menghasilkan temuan berupa proposisi ujaran dosen dan mahasiswa, tema-rema ujaran dosen dan mahasiswa, dan keterkaitan muatan tematik dalam ujaran dosen dan mahasiswa. Hasil penelitian pertama dan kedua disajikan dalam tabel analisis, sedangkan hasil penelitian ketiga disajikan dalam bentuk deskriptif.
Full Text:
PDFReferences
Arifuddin. 2010. Neuropsikolinguistik. Jakarta: Rajawali Press.
Clark, Herbert H. Dan Eve V. Clarck. 1977. Psychology and Language: An Introduction Research Forum. New York: Harcourt Brace and Jovanovich, Inc.
Creswell, J.W. 1994. Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches. California: Sage Publications, Inc
Creswell, J.W. 2013. Memilih di antara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Dardjowidjojo, Soendjono. 2014. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Fleming, Peter. 2021. Dark Academia: How Universitie Die. London: Pluto Perrs.
Habermas, Jurgen. 2006. Teori Tindakan Komunikatif I: Rasio dan Rasionalisasi Masyarakat (Terjemahan Nurhadi). Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Harari, Youval Noah. 2018. Homo Deus. Jakarta: Pustaka Alfabet.
Hubbard, P et al. 1986. A Training Course for TEFL. Oxford Universitiy Press. Jakarta: Yayasan Paramalingua.
Nicols, Tom. 2019. Matinya Kepakaran. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.
Odgood, C. E. dan T. A. Sebeok (eds). 1965. Psycholinguistic: A Survey of Theory and Research Problem. Bloomington: Indiana Univerity Press.
Oktavia, N. 2022. Tindak Tutur Asertif Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 19 Kota Jambi (Doctoral dissertation, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indo).
Pea, R. H., & Armia, A. (2022). Kesantunan Berbahasa Mahasiswa-Dosen dalam Tuturan Komunikasi Daring. Jurnal Bahasa dan Sastra, 16(1), 19-27.
Rahardi, K. 2020. Konteks Pragmatik Dalam Perspektif Cyberpragmatics. Linguistik Indonesia, 38(2), 151–163.
Sarup, Madan. 2006. Postrukturalisme dan Postmodernisme. Yogyakarta: Jalasutra.
Sudaryanto. 1993. Metode dan aneka teknik analisis bahasa: Pengantar penelitian wahana kebudayaan secara linguistis. Duta Wacana University Press.
Taylor, Insup. 1990. Psycholinguististics: Learning and Using Language. Toronto: Prentice-Hall International, Inc.
Yuswohady. 2019. Millenials Kill Everythings. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i4.2757
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia
Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:
![]() | ![]() | ![]() | ||
![]() | ||||
Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/