RESISTENSI TERTUTUP OLEH PEREMPUAN DALAM NOVEL PEREMPUAN YANG MENANGIS KEPADA BULAN HITAM KARYA DIAN PURNOMO

Dian Meilawati Yesianda

Abstract


Dewasa ini semakin banyak berita dan kasus yang berhubungan dengan perempuan, yakni kekerasan dan pelecehan yang dialami oleh perempuan. Salah satu penulis perempuan yang menulis tentang perempuan adalah Dian Purnomo. Novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam ditulis berdasarkan pengalaman banyak perempuan korban kawin tangkap di Sumba. Bentuk perlawanan perempuan dalam novel ini akan dikaji dengan teori Resistensi James C. Scott. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk perlawanan tertutup dalam novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo. Penelitian ini menggunakan pendekatan mimetik dengan teori resistensi James C. Scott sebagai teori utama untuk menganalisis novel. Teknik pengumpulan data dengan Teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman yang membagi penelitian kualitatif ke dalam tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasinya. Hasil penelitian ini adalah bentuk perlawanan tertutup ditunjukkan dengan makian dalam hati, doa-doa buruk yang diucapkan dalam hati, penolakan yang ditunjukkan melalui kepura- puraan, tangisan yang tidak ditunjukkan kepada orang lain, dan bahkan adanya perencanaan balas dendam yang dilakukan oleh Magi Diela.


Keywords


Perempuan, tradisi, kawin tangkap, perlawanan tertutup

Full Text:

PDF

References


Darlis, Fitri Jamilia, dkk. 2021. Feminisme dalam Novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo. Kepulauan Riau: Jermal Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya.

Endraswara, Suwandi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta. CAPS.

Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fraenkel, J. R. & Wallen, N. E. (2007). How to Design and Evaluate Research in Education. Singapore: The McGraw-Hill Companies.

Harjito. 2019. Resistensi Perempuan dalam Prosa Indonesia. Musawa Jurnal Studi Gender dan Islam.

Hutabarat, Indah Wati. 2021. Kajian Feminisme dan Marginal Konsep Gender dalam Karya Sastra Novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo: Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik. Medan: Universitas HKBP Nommensen.

Juhairiyah dan Ririe Rengganis. 2021. Perlawanan Perempuan Bali terhadap Tradisi dalam Tiga Novel Karya Oka Rusmini: Kajian Feminisme Simone De Beauvoir. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Kurniawati, Diyan. 2017. Perlawanan Perempuan terhadap Budaya Patriarki dalam Cerpen-cerpen Kalimantan Timur. Samarinda: Kantor Bahasa Kalimantan Timur.

Mulyani, Aulia Risqi. 2018. Perlawanan Tokoh Perempuan dalam Cerpen Istri yang Tidak Pulang dan Staccato Karya Djenar Maesa Ayu (Tinjauan Feminis Radikal-Libertarian). Semarang: Universitas Diponegoro.

Nugroho, Bayu Aji. 2019. Perlawanan Perempuan terhadap Dominasi Patriarki dalam Novel Geni Jora Karya Abidah El Khalieqy Kajian Feminisme Psikoanalisis Karen Horney. Semarang: Journal Unnes.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Purnomo, Dian. 2012. Biografi Singkat Dian Purnomo. https://www.goodreads.com/author/show/5768785.Dian_Purnomo [7 Januari 2022].

Purnomo, Dian. 2020. Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Puspita, Yenny. 2019. Stereotip terhdap Perempuan dalam Novel-novel Karya Abidah El Khalieqy: Tinjauan Sastra Feminis. Palembang: Ksatra Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra.

Puspitawati, Herien. 2013. Konsep, Teori, dan Analisis Gender. Bogor: PT IPB Press.

Ratna, Nyoman Kutha. 2007. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sa’diyah, Halimatus. 2017. Perlawanan Perempuan dalam Novel De Journal Karya Naneng Setiasih. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Sari, Syafriani Tio. 2020. Perlawanan Perempuan dalam Novel Rara Mendut Analisis Sosiologi Sastra. Sulawesi Tengah: Bahterasia Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Scott, James C. 1993. Perlawanan Kaum Tani. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Sulistyo dan Basuki. 2006. Metodologi Penelitian. Jakarta: Penerbit Wedatama Widya Sastra Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian dan Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D) Cetakan ke-11. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian dan Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D dan Penelitian Tindakan) Cetakan ke-1. Bandung: Alfabeta.

Susilowati, Enik Zuni dan Titik Indarti. 2018. Resistensi Perempuan dalam Kumpulan Cerita Tandak Karya Royyan Julian (Teori Resistensi-James c. Scott). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Wahyuni, Dessy. 2017. Perempuan dan Sastra. https://sastra-indonesia.com/2017/03/perempuan-dan-sastra/ [7 Januari 2022].

Zuraida. 2013. Perlawanan Perempuan Mesir terhadap Dominasi Laki-laki dalam

Novel Lail Wa Qudhbihi Karya Najib Al-Kailanni. Yogyakarta:Universitas Negeri Gajah Mada.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i1.2917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/