stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PENGEMBANGAN MEDIA PUNDRA DALAM PEMBELAJARAN TEKS DRAMA BERMUATAN NILAI-NILAI NASIONALISME | Hafidza | SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

PENGEMBANGAN MEDIA PUNDRA DALAM PEMBELAJARAN TEKS DRAMA BERMUATAN NILAI-NILAI NASIONALISME

Nur Hafidza, Lutfi Syauki Faznur

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh responsif peserta didik dalam belajar rendah sehingga menyebabkan kurangnya pemahaman terhadap materi pembelajaran. Sebab kegiatan belajar yang tidak beragam mengakibatkan peserta didik mudah bosan. Sehingga peneliti melakukan penelitian pengembangan berupa produk media pembelajaran PUNDRA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tahapan pengembangan media PUNDRA dalam pembelajaran teks drama bermuatan nilai-nilai nasionalisme, mengetahui validitas media tersebut, serta mengetahui respons peserta didik terhadap media yang telah dikembangkan. Metode penelitiannya adalah pengembangan, menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yakni potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk dalam penelitian pengembangan berupa Media PUNDRA pada pembelajaran Teks Drama Bermuatan Nilai-Nilai Nasionalisme yang telah dibuat sesuai prosedur pengembangan menunjukan hasil sangat layak. Media PUNDRA memperoleh skor rata-rata dari ahli materi 4,5 dengan kategori sangat layak, hasil skor rata-rata oleh ahli media 4,3 dengan kategori sangat layak, dan oleh guru Bahasa Indonesia memperoleh hasil skor rata-rata 4,8 dengan kategori sangat layak. Respons peserta didik pada tahap uji coba memperoleh presentasi 84% dengan kategori sangat layak. Media pembelajaran PUNDRA pada pembelajaran Teks Drama bermuatan nilai-nilai nasionalisme layak digunakan sebagai media pembelajaran.


Keywords


Development; PUNDRA; Drama.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Alfian Khuswaidinsyah. 2018. Pengembangan Adobe Animate CC Sebagai Media

Pembelajaran Geografi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 1

MAN 1 Lamongan, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan/ Pendidikan Ilmu

Pengetahuan Sosial. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Gall. M.D. Gall. J.D & Borg W.R. (2003). Educational Research An Introduction 7th Ed. New

York: Pecarson Education Inc.

Hasan, Muhammad., dkk. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.

Jennah, Rodhatul. (2009). Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.

Nurhasanah, Nina. (2017). Peranan Bahasa sebagai Mata Pelajaran Wajib di Indonesia.

Eduscience, Volume 2 (2): 87-93,

(https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/EDU/article/download/1830/1644,

diakses 14 Juli 2022)

Nuryanto, Tato. (2014). Mari Bermain Drama Kebahagiaan Sejati. Cirebon: CV ELSI Pro

Savitri, Annisa Rahayu. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran dengan Aplikasi

Adobe Flash CS5 Berbentuk Permainan Edukatif Tebak Kata Akuntansi (Bakat)

untuk Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Kelas X SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran

/2018. Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas

Negeri Yogyakarta.

Septiyani, Novita dan Yusuf, Nidar. (2021). Implementasi Nilai-nilai Nasionalisme Pada

SIswa Sekolah Dasar di Sekolah Indonesia Singapura. Equilibrium: Jurnal

Pendidikan, Volume X (1): 1-8,

(https://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/6094/4252,

diakses 15 Juli 2022)

Setyosari, Punaji. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta:

Kencana

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit

Alfabeta.

Sulistyana, Eva Lilis. (2020). Penanaman Nilai-nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran

Sejarah Pada Siswa Kelas X SMK Teuku Umar Semarang. Program Studi Sejarah

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

Suryani, Nunuk., Setiawan, Achmad., dan Putria, Aditin. (2018). Media Pembelajaran

Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yaumi, Muhammad. (2017). Media Pembelajaran: Pengertian, Fungsi, dan Urgensinya

bagi Anak Milenial. Makalah Seminar Nasional Pemanfaatan Media bagi Anak

Milenial, Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Pare-pare dengan

Pascasarjana UIN Alauddin Makasar, Pare-pare 14-15 Juni 2017.

(http://repositori.uin-

ISSN 2337-7712ONLINE ISSN 2928-393 STKIP PGRI

Jombang JOURNALS

alauddin.ac.id/11788/1/MEDIA%20PEMBELAJARAN%20Pengertian%2C%20Fun

gsi%2C%20dan%20Urgensinya%20bagi%20Anak%20Milenial.pdf, diakses 15 Juli

)

Yogananta, Damar. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Memebaca Teks Drama

untuk SMP Kelas VIII dengan MTGT (Metode Teams Games Tournament)

Berbasis Software Adobe Flash. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra

Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i1.2968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol