PENGEMBANGAN MEDIA PUNDRA DALAM PEMBELAJARAN TEKS DRAMA BERMUATAN NILAI-NILAI NASIONALISME
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh responsif peserta didik dalam belajar rendah sehingga menyebabkan kurangnya pemahaman terhadap materi pembelajaran. Sebab kegiatan belajar yang tidak beragam mengakibatkan peserta didik mudah bosan. Sehingga peneliti melakukan penelitian pengembangan berupa produk media pembelajaran PUNDRA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tahapan pengembangan media PUNDRA dalam pembelajaran teks drama bermuatan nilai-nilai nasionalisme, mengetahui validitas media tersebut, serta mengetahui respons peserta didik terhadap media yang telah dikembangkan. Metode penelitiannya adalah pengembangan, menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yakni potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk dalam penelitian pengembangan berupa Media PUNDRA pada pembelajaran Teks Drama Bermuatan Nilai-Nilai Nasionalisme yang telah dibuat sesuai prosedur pengembangan menunjukan hasil sangat layak. Media PUNDRA memperoleh skor rata-rata dari ahli materi 4,5 dengan kategori sangat layak, hasil skor rata-rata oleh ahli media 4,3 dengan kategori sangat layak, dan oleh guru Bahasa Indonesia memperoleh hasil skor rata-rata 4,8 dengan kategori sangat layak. Respons peserta didik pada tahap uji coba memperoleh presentasi 84% dengan kategori sangat layak. Media pembelajaran PUNDRA pada pembelajaran Teks Drama bermuatan nilai-nilai nasionalisme layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Alfian Khuswaidinsyah. 2018. Pengembangan Adobe Animate CC Sebagai Media
Pembelajaran Geografi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 1
MAN 1 Lamongan, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan/ Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Gall. M.D. Gall. J.D & Borg W.R. (2003). Educational Research An Introduction 7th Ed. New
York: Pecarson Education Inc.
Hasan, Muhammad., dkk. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.
Jennah, Rodhatul. (2009). Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.
Nurhasanah, Nina. (2017). Peranan Bahasa sebagai Mata Pelajaran Wajib di Indonesia.
Eduscience, Volume 2 (2): 87-93,
(https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/EDU/article/download/1830/1644,
diakses 14 Juli 2022)
Nuryanto, Tato. (2014). Mari Bermain Drama Kebahagiaan Sejati. Cirebon: CV ELSI Pro
Savitri, Annisa Rahayu. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran dengan Aplikasi
Adobe Flash CS5 Berbentuk Permainan Edukatif Tebak Kata Akuntansi (Bakat)
untuk Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Kelas X SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran
/2018. Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas
Negeri Yogyakarta.
Septiyani, Novita dan Yusuf, Nidar. (2021). Implementasi Nilai-nilai Nasionalisme Pada
SIswa Sekolah Dasar di Sekolah Indonesia Singapura. Equilibrium: Jurnal
Pendidikan, Volume X (1): 1-8,
(https://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/6094/4252,
diakses 15 Juli 2022)
Setyosari, Punaji. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta:
Kencana
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit
Alfabeta.
Sulistyana, Eva Lilis. (2020). Penanaman Nilai-nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran
Sejarah Pada Siswa Kelas X SMK Teuku Umar Semarang. Program Studi Sejarah
Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.
Suryani, Nunuk., Setiawan, Achmad., dan Putria, Aditin. (2018). Media Pembelajaran
Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yaumi, Muhammad. (2017). Media Pembelajaran: Pengertian, Fungsi, dan Urgensinya
bagi Anak Milenial. Makalah Seminar Nasional Pemanfaatan Media bagi Anak
Milenial, Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Pare-pare dengan
Pascasarjana UIN Alauddin Makasar, Pare-pare 14-15 Juni 2017.
(http://repositori.uin-
ISSN 2337-7712ONLINE ISSN 2928-393 STKIP PGRI
Jombang JOURNALS
alauddin.ac.id/11788/1/MEDIA%20PEMBELAJARAN%20Pengertian%2C%20Fun
gsi%2C%20dan%20Urgensinya%20bagi%20Anak%20Milenial.pdf, diakses 15 Juli
)
Yogananta, Damar. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Memebaca Teks Drama
untuk SMP Kelas VIII dengan MTGT (Metode Teams Games Tournament)
Berbasis Software Adobe Flash. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i1.2968
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia
Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:
![]() | ![]() | ![]() | ||
![]() | ||||
Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/