PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI

Dita Anita Rismiyani, Rina Rosdiana, R. Yanti Widiya Mulya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang teks puisi di kelas X dengan menggunakan model problem based learning (PBL) dan media audiovisual berupa video. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 di SMAN 6 Kota Bogor. PTK Kolaboratif ini dilakukan selama dua siklus. Adapun tahapan pelaksanaan siklus dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data pada PTK Kolaboratif ini menggunakan teknik analisis deskriptif terhadap data berupa hasil pekerjaan peserta didik, daftar nilai, angket respon peserta didik terhadap model PBL, dan video sebagai media pembelajaran, serta lembar observasi sebagai refleksi. Hal tersebut digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pesera didik di kelas X MIPA 1 SMAN 6 Kota Bogor. Sebelum menggunakan model PBL dan video sebagai media pembelajaran, hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata sebesar 65,44. Setelah menggunakan model PBL dan media audiovisual (video) terjadi peningkatan menjadi 72,06 di siklus I dan 85,78 di siklus II. Oleh karena itu, terjadi peningkatan setelah menerapkan model problem based learning dan media audiovisual dalam menulis puisi dengan memperhatikan tema, diksi, imaji, dan gaya bahasa.


Keywords


Model PBL; Media audiovisual; Teks Puisi

Full Text:

PDF

References


Ansori, M. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Cv Wacana Prima.

Fathurrohman, M. 2015. Model -Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Munadi, Y. 2010. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Pribadi, B. A. 2017. Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Balebat Dedikasi Prima.

Pradopo, R. D. 1987. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i1.2982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/