PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS DISKUSI KELAS 9C DI SMPN 4 KOTA BOGOR
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Anas , Sudijono. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grasindo.
Andri, Ryan. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Lerning (Pbl) Dengan Media Kartu Masalah Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 3 Tapung. (Skripsi Universitas Islam Riau) Diakses pada 26 Mei 2023 dari https://repository.uir.ac.id/4645/
Amir, M.T. 2013. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Barwick, John. 1998. Targeting Text: Photocopiable Units Based on English Text: Type:Information Reports, Eksplanations, Discussion: Upper Level Book 3. Australia :Blake Education.
Dewi, Rosa Sari. 2017. Peningkatan Menulis Teks Diskusi Menggunakan Peningkatan Menulis Teks Diskusi Menggunakan Model Problem Based Learning Di Smp Negeri 2 Pontianak. Volume 6 nomor 4 (2017) Jurnal Khatulistiwa. Diakses 26 Mei 2023 dari Universitas Tanjung Pura Pontianak.
Heryadi, Dedi. 2014. Model PenulisBan Pendidikan Bahasa. Bandung: Pustaka Billah.
Isjoni. 2007. Pembelajaran Visioner Perpaduan Indonesia-Malaysia. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Munna, Maslun dkk. 2017. Kemampuan Siswa Kelas Viii Smp Negeri 13 Banda Aceh Mengidentifikasi Ciri Kebahasaan Dalam Teks Diskusi. Volume 2 nomor 2 halaman 167 – 177. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia diakses 25 Mei 2023 dari Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.
Sanjaya, Wina. 2009. Penulisan Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Trianto, Agus, Titik Harsiati , dan E. Kosasih. Bahasa Indonesia / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- . Edisi Revisi.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.2018.
Muayyadatiddieny, Faridha. 2015. Potensi Sintaks Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) - Metakognitif dalam Melatih Berpikir Kritis Siswa. https://repository.uksw.edu/bitstream/ diakses pada 3 April 2023
Silabus Bahasa Indonesia Kelas 9. Diunduh di https://smpn16gresik.sch.id/resources/perangkat/perangkat-0015-1.pdf pada 25 Maret 2023
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diakses di https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/analisis pada 25 Maret 2023
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Diunduh di https://pusdiklat.perpunas.go.id pada 24 Maret 2023
DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i1.2985
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia
Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:
![]() | ![]() | ![]() | ||
![]() | ||||
Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/