PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS DISKUSI KELAS 9C DI SMPN 4 KOTA BOGOR

Pratiwi Pratiwi, Suhendra Suhendra, Yeni Ekawati

Abstract


Model pembelajaran berpengaruh besar terhadap kesuksesan peserta didik. Model pembelajaran hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan zaman dan peserta didik. Model pembelajaran yang masih berorientasi pada guru sudah tidak relevan dengan perkembangan zaman dan tidak menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Oleh karena itu, model Problem Based Learning (PBL) digunakan dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui ketuntasan belajar  dan proses pembelajaran teks diskusi menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Selain model pembelajaran, media kartu juga digunakan untuk menunjang model pembelajaran.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dan kualitatif. PBL adalah model pembelajaran yang digunakan untuk memberdayakan peserta didik dapat mengkonstruksi pengetahuannya. Dengan melakukan penelitian ini, ketuntasan belajar materi struktur dan kaidah kebahasaan teks diskusi peserta didik  9C dapat meningkat dan mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 76. Setelah melakukan penelitian, model PBL dapat meningkatkan hasil ketuntasan belajar seluruh peserta didik di kelas 9C SMPN 4 Kota Bogor.

Full Text:

PDF

References


Anas , Sudijono. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grasindo.

Andri, Ryan. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Lerning (Pbl) Dengan Media Kartu Masalah Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 3 Tapung. (Skripsi Universitas Islam Riau) Diakses pada 26 Mei 2023 dari https://repository.uir.ac.id/4645/

Amir, M.T. 2013. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Barwick, John. 1998. Targeting Text: Photocopiable Units Based on English Text: Type:Information Reports, Eksplanations, Discussion: Upper Level Book 3. Australia :Blake Education.

Dewi, Rosa Sari. 2017. Peningkatan Menulis Teks Diskusi Menggunakan Peningkatan Menulis Teks Diskusi Menggunakan Model Problem Based Learning Di Smp Negeri 2 Pontianak. Volume 6 nomor 4 (2017) Jurnal Khatulistiwa. Diakses 26 Mei 2023 dari Universitas Tanjung Pura Pontianak.

Heryadi, Dedi. 2014. Model PenulisBan Pendidikan Bahasa. Bandung: Pustaka Billah.

Isjoni. 2007. Pembelajaran Visioner Perpaduan Indonesia-Malaysia. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Munna, Maslun dkk. 2017. Kemampuan Siswa Kelas Viii Smp Negeri 13 Banda Aceh Mengidentifikasi Ciri Kebahasaan Dalam Teks Diskusi. Volume 2 nomor 2 halaman 167 – 177. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia diakses 25 Mei 2023 dari Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Sanjaya, Wina. 2009. Penulisan Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Trianto, Agus, Titik Harsiati , dan E. Kosasih. Bahasa Indonesia / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- . Edisi Revisi.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.2018.

Muayyadatiddieny, Faridha. 2015. Potensi Sintaks Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) - Metakognitif dalam Melatih Berpikir Kritis Siswa. https://repository.uksw.edu/bitstream/ diakses pada 3 April 2023

Silabus Bahasa Indonesia Kelas 9. Diunduh di https://smpn16gresik.sch.id/resources/perangkat/perangkat-0015-1.pdf pada 25 Maret 2023

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diakses di https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/analisis pada 25 Maret 2023

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Diunduh di https://pusdiklat.perpunas.go.id pada 24 Maret 2023




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i1.2985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/