PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS X SMAN 6 JENEPONTO

Rahmawati Rahmawati, Muliadi Muliadi, Sitti Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot dengan menggunakan metode discovery learning kelas X SMAN 6 Jeneponto. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam bersiklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian adaah siswa kelas X.9 di SMAN 6 Jeneponto yang berjumlah 33 siswa. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Pada pra siklus diketahui dari 33 siswa terdapat 4 siswa atau 12% memperoleh nilai KKTP sedangkan yang belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) terdapat 29 siswa atau 88% , siklus I diketahui dari 33 siswa terdapat 15 siswa atau 45% yang memperoleh nilai KKTP sedangkan yang belum mencapai KKTP sebanyak 18 siswa atau 55%. Pada siklus II hasil penilaian keterampilan menulis teks anekdot siswa terjadi di mana dari 33 siswa terdapat 30 siswa atau 91% mencapai nilai KKTP sedangkan siswa yang belum juga mencapai nilai KKTP pada siklus ini yaitu sebanyak 3 siswa atau 9%. Ini terbukti bahwa terjadi peningkatan yang cukup signifikan pada siklus I ke siklus II. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks anekdot dengan menggunakan metode discovery learning pada siswa kelas X.9 dinyatakan berhasil.

Kata Kunci : keterampilan menulis, teks anekdot, metode discovery learning


Full Text:

PDF

References


Agustina, Y. 2020. "Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Struktur Teks Anekdot dengan Menggunakan Media Video Pembelajaran pada Siswa Kelas X SMK Swasta Al Ma’shum Kisaran Tahun Pelajaran 2020/2021". Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran, 1(3), 200-208.

Aisyah, A. S., Astuti, T., Sari, I. P., & Nugroho, A. 2021. "Efektifitas Model Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Madrasah Aliyah". Jurnal Bahasa dan Sastra Pengajaran, 2(1), 29-41.

Apriani, N. M. 2019. "Menigkatkan Kreativitas Menulis Teks Anekdot dengan Menggunakan Model Problem Based Learning". Jurnal Bahasa Sastra dan Pengajaran, 8(2), 115-122.

Dalman. 2020. Keterampilan Menulis. Depok: Rajagrafindo Persada.

Helaluddin, A. 2020. Keterampilan Menulis Akademik Panduan bagi Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Serang: Media Madani.

Istidah, A., U. s. 2022. "Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Materi Sifat-sifat Cahaya melalui Metode Discovery Learning". Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 43-57.

KBBI. 2022. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). online, diakses tanggal 5 Agustus 2022

Mahdi, I., Hidayani, I., & Ramadhan, H. R. 2019. "Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran Sejarah Khulfaurrasyidin". Jurnal Pendidikan Islam, 08(01), 143-158.

N. Zulni, R. S. 2022. "Hubungan Minat Baca dengan Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP". Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 54-63.

Ningrum, Muliadi, & Rabiah, S. 2022. "Model Konstruktivistik Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Ceramah Siswa". Journal of Language and Literature, 2(2), 180-187.

Parnawi, A. 2020. Penelitian Tindakan Kelas (Classrom Action Research). Yogyakarta: Deepublish.

Rabiah, S. 2021. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Makassar: De La Macca

Rohayani, A. 2020. "Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Berbasis Karikatur dan Pengaruhnya Terhadap kualitas Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batujajar Tahun Pelajaran 2017/2018". Wistara, 3(2), 123-131.

Simarmata, J. 2019. Kita Menulis: Semua Bisa Menulis Buku. Kita Menulis.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i1.2989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/