Pemerolehan Bahasa Anak Pada Tataran Sintaksis Di TK Dharma Pertiwi Kecamatan Rungkut Kota Surabaya

Intan Safina Sunsia Puteri, Kusmiyati Kusmiyati, Afan Faizin

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pemerolehan bahasa anak TK Dharma Pertiwi pada tataran sintaksis ditinjau dari jenis kalimat berdasarkan makna serta pola kalimat yang dihasilkan. Desain penelitian adalah deskriptif kualitatif. Sumber data adalah murid TK A Dharma pertiwi, data adalah kalimat yang kemudian dituangkan ke dalam tabel dengan urutan transkrip, pembetulan kalimat, klasifikasi jenis kalimat berdasarkan makna, dan klasifikasi pola kalimat. Data dianalisis menggunakan metode padan ekstralingual berjenis padan refrensial dengan teknik pilah unsur penentu dan hukum banding. Data tersebut dianalisis secara rinci dan diakronis sehingga dapat mendeskripsikan mengenai bentuk pemerolehan bahasa yang dilakukan oleh anak TK Dharma Pertiwi saat proses pembelajaran.  Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa beberapa anak sudah bisa menyusun kalimat secara kompleks dan pola kalimat yang dihasilkan juga utuh. Selain itu, setiap tuturan yang dituturkan oleh sang anak juga termasuk ke dalam klasifikasi jenis kalimat.


Keywords


Pemerolehan bahasa anak, TK Dharma Pertiwi

Full Text:

PDF

References


Andini Hollysa. 2018. Pemerolehan Bahasa Indonesia Pada Anak Usia 0-2 Tahun: Kajian Psikolinguistik . Nusa Tenggara Barat. Jurnal Lingua. Vol (15). No (1).

Magdalena Anita. 2021. Pemerolehan Bahasa Anak 3 Tahun di Desa Rasau. Jurnal Pelitra. Jambi. Vol (4). No (2).

Bawamenewi Aruzatulo. 2020. Pemerolehan Bahasa Anak Usia Tiga Tahun pada Tataran Fonologi : Analisis Psikolinguistik. Riau. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. Vol (3). No (1).

Chaer Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta : Rineka Cipta.

Chaer Abdul.2009. Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Daniel Jos Parera. 1991. Sintaksis Edisi Kedua. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Gani Saida, Berti Arsyad. 2018. Kajian Teoritis Struktur Internal Bahasa (Fonologi, Morfologi, Sintaksis, dan Semantik). Gresik. Jurnal Bahasa dan Sastra Arab. Vol (07). No (1).

Iskandarwassid, Sunendar Dadang. Strategi Pembelajaran Bahasa : Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

J Lexy Moleong MA. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif : Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Lisnawati Iis. 2008. Psikolinguistik dalam Pembelajaran Bahasa. Bandung. Jurnal Pendidikan dan Budaya. Vol (6). No (1).

Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Ngusman Abdul Manaf. 2009. Sintaksis : Teori dan Terapannya dalam Bahasa Indonesia : Padang : Sukabina Press.

Rahmawati Yeni.2020. Analisis Sintaksis Pemerolehan Bahasa Anak Usia 2,1 Tahun. Semarang. Jurnal Sastra Indonesia. Vol (9). No (3).

Rahmat Aji Sentosa, Apriliani Nia. 2020. Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia Dini (Kajian Psikolinguistik). Majalengka. Seminar Nasional Pendidikan.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguis). Yogyakarta : Duta Wacana Uneversity Press.

Yeni Witdianti. 2018. Pemerolehan Bahasa Anak Aspek Kajian Sintaksis Pada Anak Usia 2,6 – 2,8 Tahun (Sebuah Studi Kasus).




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v11i2.3035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/