PENGGUNAAN KONJUNGSI DALAM BERBAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA KETIGA PEMELAJAR BIPA

Roely Ardiansyah, Fransisca Dwi Harjanti

Abstract


Penelitian ini mengkaji penggunaan konjungsi koordinatif dan subordinatif pada pemelajar BIPA yang belajar bahasa Indonesia sebagai bahasa ketiga dalam kegiatan menulis. Tujuannya adalah menjelaskan penggunaan konjungsi tersebut oleh pemelajar BIPA. Rancangan penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah setiap kalimat yang menggunakan konjungsi dalam karangan bertema pengalaman. Sumber data penelitian ini adalah tiga pemelajar yang berbeda negara. Pada penelitian ini, data dikumpulkan dengan teknik baca untuk menganalisis tulisan dari berbagai genre, memilah kalimat dengan konjungsi tertentu dari tiga subjek penelitian (pemelajar BIPA), dan mendokumentasikan kalimat yang salah menggunakan konjungsi. Teknik penganalisisan data menggunakan teknik analisis konten/isi. Hasil temuan penelitian ini meliputi 1) frekuensi penggunaan konjungsi koordinatif, difungsikan untuk menyatakan penambahan, perlawanan, urutan, kesamaan; 2) frekuensi penggunaan konjungsi subordinatif yang menyatakan syarat, perumpamaan, sebab, atribut, tujuan, waktu. Dua temuan ini tidak lepas adanya kesalahan penggunaan konjungsi yang disebabkan oleh adanya kendala yang dihadapi pemelajar BIPA. Kendala yang dialami pemelajar kurang memahami materi sintaksis. Pengembangan metode pengajaran yang lebih efektif, peninjauan kembali kurikulum untuk menyesuaikan jumlah materi, penekanan yang lebih besar pada pengembangan kosakata, dan perlunya penelitian lebih lanjut untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman sintaksis bahasa Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Aidinlou, N.A., & Reshadi, E. (2014). A Comparative Study of the Use of Conjunctions and References in Electronic Mails vs. Paper- based Letters. Journal of Language Teaching and Research, 5, 611-615.

Alwi dkk, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka,

Cenoz. Jasone. 2001. Cross-linguistict Influence in Third Language Acquisition. Multilingual Matters: Clevedon.

Chaer, A. 2008. Morfologi Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Gravindo Persada.

Darsita S, Penggunaan Kalimat Bahasa Indonesia oleh Mahasiswa Penutur Bahasa Asing. 2014. Jurnal Al Turaṡ. Volume 20, No. 2.

Djajasudarma, Fatimah. 2006. Metode Linguistik Cetakan Kedua. Bandung: PT Refika Aditama.

Fernald, James C. 1994. Connectives of p English Speech: The Correct Usage Of Prepositions, Con Junctions, Relative Pronouns And Adverbs Explained And Illustrated. New York and London: Funk & Wagnalls Company.

H Dulay, M Burt. & S Krashen. 1982. Language Two. New York: Oxford University Press

H. Fau, A. Laia, and K. Ndruru. “Analisis Kesalahan Penggunaan Konjungsi Koordinatif Dalam Karangan Argumentasi”. 2021. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 626—630.

Halliday, M.A.K dan Ruqaiya Hasan. 1979. Cohesion in English. London: Logman.

Indihadi, Dian. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

Maulina, Yeni. Penggunaan Konjungsi dalam Wacana Pembelajaran Literasi. 2018. Jurnal Madah, Volume 9, Nomor 2, pp 191—202

Odeh Al-Khalidy, H. (2018). The Use of Conjunctions as Grammatical Cohesion in the Speeches of Her Majesty Queen Rania of Jordan. International Journal of Applied Linguistics and English Literature.

Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka

Sheng, S. H., Kwee, S., & Ling, L. W. The Implication of Conjunctive Element Shifts in the Translation of Argumentative Texts. 2018. KEMANUSIAAN: The Asian Journal of Humanities, Vol. 25 Issue 1

Susanto, Gatot. Pengembangan Bahan Ajar BIPA Berdasarkan Kesalahan Bahasa Indonesia Pelajar Asing”. 2007. Jurnal Bahasa dan Seni. Volume 35 no. 2 hlmn. 234.

Wan, W., Zhang, L., Liu, Z., & Xiao, W. (2011). A Corpus-Based Study with Corpus Materials on Conjunctions Used by Chinese and English Authors in English Academic Article Abstracts. Advances in Computer Science, Intelligent System and Environment.

Wojowasito. 1977. Pengajaran Bahasa Kedua (Bahasa Asing, Bukan Bahasa Ibu). Bandung: Shinta Dharma.

Yahya, Mohk, Andayani, Khundaru Saddhono. Studi Kesalahan Penulisan Kalimat dalam Karangan Pelajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). 2018. DIALEKTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 5 no.1 hlmn 1-20




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v11i2.3071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/