PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENUNJANG KETERAMPILAN MUSIKALISASI PUISI DI SMAN 7 DEPOK

Iqbal fadillah, Nur Amalia

Abstract


Bagian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Project Based Learning dalam menunjang keterampilan musikalisasi puisi di SMAN 7 Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yang merupakan bagian dari jenis penelitian kuantitatif. Populasi ini mencakup 2 kelas yaitu kelas 10 di SMAN 7 Depok. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling, peneliti mengambil secara acak dari kelas yang akan di undi lalu kelas pertama yang terundi yaitu kelas eksperimen dan kelas kedua yang terundi yaitu kelas kontrol. Instrument penelitian ini menggunakan Kuisioner, Pretest dan Postest. Instrument terlebih dahulu dilakukan dengan uji validitas di SMAN 7 Depok. Uji prasyarat yang dilakukan yaitu uji normalitas dengan hasil normal dan homogenitas dengan hasil varians kedua kelas termasuk homogen. Setelah itu, uji hipotesis menggunakan uji-T dan di peroleh hasil Thitung= 5,451> Ttable = 1,664 sehingg dapat disimpulkan bahwa H0 diterima atau terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada Musikalisasi puisi.


Full Text:

PDF

References


Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Aswir, & Misbah, H. (2018). Kajian Terhadap Nilai-Nilai Sosial Dalam Kumpulan Cerpen “Rumah Malam di Mata Ibu” Karya Ale R.Nainggolan Sebagai Alternatif Bahan Ajar. Photosynthetica, 2(1), 1–13. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76887-

Cahyani, I., Nugroho, R. A., & Rahma, R. (2017). Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Menulis Puisi. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII, 1, 1323–1334. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1016/920

Dalman. (2018). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Pada Siswa Kelas X Sman 4 Kotabumi. Parataksis: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.31851/parataksis.v1i1.2252

Dewi, S. (2017). ANALISIS EFEKTIVITAS PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA PT.NIION INDONESIA UTAMA PADA TAHUN 2017. 3(2),280–285.

Dinda, N. U., & Sukma, E. (2021). Analisis Langkah-Langkah Model Project Based Learning ( PjBL ) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli ( Studi Literatur ). 4(2), 44–62.

Dopelt. (2015). PROJECT BASED LEARNING ( PjBL ) Makalah. 4–17.

Endraswara. (2019). Analisis Kajian Psikologi Sastra Pada Novel “Pulang” Karya Leila S. Chudori. Parole, 501, 501–506.

Firmansyah. (2018). Penerapan Metode Demonstrasi Berbasis Media Cerita Lucu Bergambar dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot pada Siswa. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(4), 585–590.

M Yunus. (2019). Penerapan Model Project Based Learning Menulis Puisi Mahasiswa Managemen Unissula. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 38. https://doi.org/10.30659/j.7.1.38-48

Mulyadi. (2018). Penerapan Media Musikalisasi Puisi Terhadap Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Puisi Siswa X Mipa3 Sman 87 Jakarta. Pena Literasi, 1(2), 124.

https://doi.org/10.24853/pl.1.2.124-137

Pradopo. (2019). Analisis Semiotika Pada Puisi “Barangkali Karena Bulan” Karya Ws. Rendra.

Parole, 2(2), 269–276.

Resmini. (2019). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH

DASAR Implementasi Proses Menulis pada Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Tokoh Cerita Fiksi. All Rights Reserved, 6(1), 47–57. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif. 26–35.

Sugiyono. (2018a). Metode Penelitian. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.

Sugiyono. (2018b). Pengertian Metode Penelitian. 84, 58–84.

Sugiyono. (2019). Analisis Deskriptif Tentang Minat Belajar Siswa Pada Jrususan Akuntasi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tapung.

Suparyanto dan Rosad (2015. (2020). Nilai moral dalam Novel Pandang Bulan Karya Andrea Hirata. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

Waluyo. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Media Gambar Siswa Kelas

X.1 Sma Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajaran, 1(2), 87– 95.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v11i3.3142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/