BENTUK EMOSI DALAM LAGU “CERMIN” KARYA NADIN AMIZAH

Tasya Fadillah, Nurhayati Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk emosi dalam lagu “Cermin” karya Nadin Amizah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian berupa bentuk emosi dalam lagu “Cermin”. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini berupa lirik dalam lagu berjudul “Cermin” karya Nadin Amizah. Bentuk emosi dalam lagu “Cermin”  karya Nadin Amizah dianalisis menggunakan teknik psikologi sastra. Teori yang digunakan dalam kajian ini adalah Teori David Krech. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, ditemukan empat jenis bentuk emosi; a. Emosi dasar, b. Emosi yang berhubungan dengan Stimulator, c. Emosi yang berhubungan dengan penilaian diri sendiri, d. Emosi yang berhubungan dengan orang lain.


Full Text:

PDF

References


Ahyar Juni. 2019. Apa Itu Sastra Jenis-Jenis Karya Sastra dan Bagaimanakah Cara Menulis dan Mengapresiasi Sastra. Yogyakarta: Deepublish. Diakses pada 19 September 2023.

Amin, Safwan. 2016. Pengantar Psikologi Umum. Banda Aceh: Yayasan PeNa.

Amperawan, dkk. 2014. “Makna Kesedihan Bagi Remaja”. Jurnal Psikologi: UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Diakses pada 23 November 2023.

Bachrudin, Mochamad. 2017. “Patofisiologi Nyeri (Pain)”. Fakultas Kedokteran Universitaa Muhammadiyah: Malang.

Ernawati, Zeni, Sri Mariati, & Titik Maslikatin. 2017. “Kajian Psikologi Wanita Tokoh Utama Novel Air Mata Tuhan Karya Aguk Irawan M.N”. Publika Budaya, 5 (2), 102-108.

Fadli, Zaki Ainul, & Kusmiati, Dewi. 2020. Gaya Bahasa Pada Lirik Lagu Spirits Of The Sea Karya Kenshi Yonezu. Kiryoku, 4 (1). 2

Fuadi, Muhammad Nurrifqi dan Gazi Saloom. 2021. “Validitas Konstruk Kebencian (Hatred) dengan Confirmatory Factor Analysis”. Jakarta: Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah. Diakses pada 24 November 2023

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Kamus versi online/daring (Dalam Jaringan). Di akses pada 20 September 2023.

Rahayu, Emy dan Arief Setyawan. 2023. “Bentuk Emosi pada Album “Riuh” Karya Feby Putri Sebagai Individu Dewasa Awal (Kajian Psikologi Sastra)”. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Universitas Trunojoyo Madura. Diakses pada 20 September 2023.

Rahmadi. 2011. Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press.

Rendi, dkk. 2017. “Interpretasi Makna Lirik Lagu-Lagu Grup Musik Erk dalam Album Erk: Kajian Semiotika”. Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya. Diakses pada 20 September 2023.

Shabrinavasthi. 2017. Klasifikasi Emosi Tokoh Utama Erika dalam Roman Die Klavierspielerin Karya Elfriede Jelinek (Analisis Psikologi Sastra). Universitas Negeri Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman. Diakses pada 23 November 2023.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka teknik Analisis Bahasa: Pengantar Wacana Kebudayaan. Yogyakarta: Duta Wacana.

Sulistyowati,dkk. 2019. “Klasifikasi Emosi yang Terdapat dalam Lirik Lagu Fourtwenty Album Fungsi Ego dan Otak”. STKIP PGRI: Banjarmasin. Diakses pada 22 September 2023.

Susandhika, I Gusti Ngurah Mayun. 2022. Analisis Penggunaan Gaya Bahaaa dalam Lirik Lagu Tulus: Kajian Stilistika. Program Studi Sarjana Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v11i4.3386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/