ASPEK HIERARKI KEBUTUHAN PADA TOKOH UTAMA NOVEL SEKOTAK SENJA UNTUK NIRBITA KARYA YUPITAWDR

Maria Elena Siagian, Nurhayati Harahap

Abstract


Penelitian ini membahas pemenuhan hierarki kebutuhan manusia pada tokoh yang terdapat pada novel. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pemenuhan hierarki kebutuhan tokoh utama dalam novel Sekotak Senja Untuk Nirbita karya Yupitawdr yang meliputi (1) kebutuhan fisiologis, (2) kebutuhan akan rasa aman, (3) kebutuhan akan cinta dan memiliki, (4) kebutuhan akan harga diri, (5) kebutuhan aktualisasi diri berdasarkan teori psikologi humanistik Abraham Maslow. Penelitian ini menggunakan pendekatan Psikologi Sastra dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah novel Sekotak Senja untuk Nirbita (2023) karya Yupitawdr. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik baca dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yang terdiri dari pengelompokan data-data yang bersangkutan dengan tokoh utama pada novel ini yang menjadi sasaran utama dalam penelitian ini, mendeskripsikan dan menganalisis data sesuai tujuan penelitian, dan menarik simpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa hierarki kebutuhan pada tokoh utama dalam novel Sekotak Senja untuk Nirbita karya Yupitawdr yang bernama Nirbita sudah terpenuhi dengan cukup baik. Implikasi dalam penelitian ini adalah sebagai pengembangan ilmu kajian psikologi sastra terkait pemenuhan kebutuhan hierarki pada teori psikologi humanistik Abraham Maslow serta dapat dijadikan bahan referensi terhadap penelitian kajian analisis novel agar lebih variatif, kreatif, dan inovatif.

 


Full Text:

PDF

References


Akbar, Muhammad Ilham. 2019. Implementasi Psikologi Humanistik Dalam Open Arabic EducationPrespektif Abraham Harold Maslow. Tesis, Univesitas Islam Negeri Sunan Kaliaga Yogyakarta.

Alwisol. 2009. Psikologi Kepribadian edisi revisi. Malang : UMM Press.

Asmaya, Siti, Drs. Moh Najid, M.Hum. 2019. Kebutuhan Bertingkat Tokoh Fajar Dalam Novel Kabut Kota Karya Ichsan Saif (Kajian Psikologi Humanistik Abraham Maslow). E-journal BAPALA PKP.UNESA. 5(2)4-6

Basri. Nur Arifaizal. 2015. Teori Kepribadian Humanistik Menurut Abraham Maslow. Makalah, Universitas PGRI Adi Buana.

Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra, Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service).

Fadhil, Muhammad. 2019. Mekanisme Pertahanan Tokoh Utama Dalam Novel Hoshi No Koe Karya Waku Oba (Pendekatan Psikologi Sastra). Skripsi, Universitas Komputer Indonesia.

Fitriani, Reli. 2017. Analisis Psikologi Tokoh ‘Aku’ Dalam Novel Bunda Lisa Karya Jombang Santani Khairen Menggunakan Teori Humanistik Abraham Maslow Serta Kaitannya Dengan Pembelajaran Sastra Di SMA. Skripsi. Universitas Mataram.

Kasiati, N.S dan Ni Wayan Rosmalawati. 2016. Kebutuhan Dasar Manusia I. Jakarta:Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Nugrahini, Kartika Nurul. 2014. Kepribadian dan Aktualisasi Diri Tokoh Utama dalam Novel Supernova Episode Partikel Karya Dewi Lestari (Tinjauan Psikologi Sastra). Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta

Nurgiyantoro, Burhan. 1998. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pradobo, Djoko Rachmat, dkk. 2003. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha Widya

Rachmana, Ratna Syifa’a. 2008. Psikologi Humanistik dan Aplikasinya dalam Pendidikan. El-Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam. 1(1)101.

Rismawati, Mahmudah, Suarni Syam Saguni. 2018. Pemenuhan Kebutuhan Bertingkat Tokoh Dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye Kajian Psikologi Humanisme Abraham Maslow. Tesis, Universitas Negeri Makassar, 2019.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Utari, Wiji. 2022. Kajian Psikologi Humanistik Tokoh Utama Dalam Novel Merindu Cahaya De Amstel Karya Arumi E. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Wulandari, Hesti. 2013. Progresivitas Anak Pada Tokoh Utama Novel Eliana Karya Tere Liye ( Tinjauan Psikologi Sastra). Skripsi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v11i4.3389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/