DIPLOMASI KEBUDAYAAN NUSANTARA DALAM MENDUKUNG PERCEPATAN INTERNASIONALISASI BAHASA INDONESIA

Heru Pratikno, Labib Elmuna, Syihabuddin Syihabuddin

Abstract


Penginternasionalisasian bahasa Indonesia menjadi sebuah tantangan besar dalam menghadapi persaingan dengan bangsa-bangsa besar. Bahasa Indonesia juga harus menunjukkan kesejajarannya dengan bahasa-bahasa internasional lainnya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui bagaimana upaya yang perlu dilakukan agar bisa tercapai internasionalisasi bahasa Indonesia. Selain itu, tujuan lain dari penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui bagaimanakah peran kebudayaan nusantara dalam mewujudkan internasionalisasi bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif, yakni data yang ada dideskripsikan dan diuraikan secara komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peluang yang sangat besar bagi bahasa Indonesia untuk menjadi bahasa internasional yang sebanding dengan bahasa-bahasa global. Salah satu upaya dominan yang perlu dilakukan adalah dengan mengedepankan diplomasi dengan negara-negara lain melalui promosi kebudayaan nusantara. Untuk mewujudkan internasionalisasi bahasa Indonesia sangat diperlukan kerja keras dan kerja sama antarberbagai pihak, yakni pelaku budaya, pemerintah, pegiat bahasa, dan semua lapisan masyarakat.


Keywords


Promosi Budaya, Akselerasi Global, Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Alam, G. N., Mahyudin, E., Affandi, R. N., Dermawan, W., & Azmi, F. (2022). INTERNASIONALISASI BAHASA INDONESIA DI ASEAN: SUATU UPAYA DIPLOMATIK INDONESIA. Jurnal Dinamika Global, 7(01), 25–53. https://doi.org/10.36859/jdg.v7i01.1039

Andriyanto, O. D., Hardika, M., Yulianto, B., Subandiyah, H., & Tjahjono, T. (2021). Tantangan dan Strategi Pembelajaran BIPA bagi Pemelajar Anak-Anak di Sekolah Satuan Pendidikan Kerjasama. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(2), 59–66. https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i2.10604

Fatiri, M. I. (2017). Optimism, Chance, Obstacle, and Effort to Internalize Indonesian as ASEAN Language. The 1st Education and Language International Conference Proceedings.

Fitriyani, A., Suryadi, K., & Syam, S. (2015). PERAN KELUARGA DALAM MENGEMBANGKAN NILAI BUDAYA SUNDA. SOSIETAS, 5(2). https://doi.org/10.17509/sosietas.v5i2.1521

Gloriani, Y. (2017). KONSERVASI DAN REVITALISASI BAHASA SEBAGAI SALAH SATU UPAYA INTERNASIONALISASI BAHASA INDONESIA. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(2). https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v11i2.717

Heru Pratikno. (2021a). KONSISTENSI PENGEMBANGAN BAHASA DAN SASTRA DI MEDIA MASSA. SEMINAR DAN LOKAKARYA Bahasa Indonesia Menuju Bahasa Internasional, 43–55. https://doi.org/https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/produk-detail/757/prosiding-elektronik

Heru Pratikno. (2021b). Parents’ Perception of The Determination Of Bilingual Schools In Early Childhood And Primary School in The Pandemic Time Covid-19. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 61–70.

Heru Pratikno. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Mahasiswa Unisba dalam Menganalisis dan Menulis Teks dengan Penguatan Materi Kebahasaan. Bastrindo, 4(1), 14–27. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jb.v4i1.948

Melati, I. K. (2022). Strategi Pembelajaran BIPA dengan Pendekatan Komunikatif-Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal. Basastra, 11(2), 163. https://doi.org/10.24114/bss.v11i2.37351

Nurabadi, A. (2019). PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA DAN LINGKUNAN SEKOLAH. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 3(2), 92–99. https://doi.org/10.17977/um025v3i22019p092

Pratikno, H. (2014). Sufiks Serapan Asing Pembentuk Nomina dalam Bahasa Indonesia: Kajian Morfologi [Universitas Gadjah Mada]. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=h2MKhsbzWygC&citation_for_view=h2MKhsbzWygC:d1gkVwhDpl0C

Pratikno, H. (2020). BUILDING AWARENESS OF RELIGIOUS EDUCATION IN FAMILIES IN THE DIGITAL AGE. Jurnal Pendidikan Islam Ta’dib Unisba, 9(2), 59–68. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/tjpi.v9i2.6287

Pratikno, H. (2022). Distinctive Marker ‘-an’ on the Lingual Unit in Online Mass Media Diction. Buletin Al-Turas, 28(1), 45–58. https://doi.org/10.15408/bat.v28i1.21477

Pratikno, H. (2023). USE OF DICTIONARIES AS A MEANS OF INCREASING READING LITERACY IN EARLY CHILDREN. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 5(1), 76–86. https://scholar.ummetro.ac.id/index.php/sanak/article/view/4922

Rama Aji Dananto, Syahla Ayu Yasinta, Syifa Rahmi Fauzani, Vania Salsabila, K. S. (2023). Kuliner Gudeg sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing dalam Mendukung Internasionalisasi Bahasa Indonesia. Sintaksis : Publikasi Para Ahli Bahasa Dan Sastra Inggris, 1(6), 1–15.

Rizkiyani, F., & Sari, D. Y. (2022). PENGENALAN BUDAYA SUNDA PADA ANAK USIA DINI: SEBUAH NARRATIVE REVIEW. Al-Tsaqafa : Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 19(1), 32–45. https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v19i1.18292

Rohimah, D. F. (2018). INTERNASIONALISASI BAHASA INDONESIA DAN INTERNALISASI BUDAYA INDONESIA MELALUI BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA). An-Nas, 2(2), 199–212. https://doi.org/10.36840/an-nas.v2i2.104

Sudaryanto, S., Soeparno, S., & Lilis Ferawati. (2019). Politics of Language in Indonesia (1975-2015): Study of History and Language Policy. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.21009/aksis.030113

Syihabuddin, S., Damaianti, V. S., Apriliyani, N. Y. A., & Istianingrum, R. (2018). Perencanaan Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap pada Apresiasi Sastra Anak. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2). https://doi.org/10.30651/lf.v2i2.2205

Wicaksana, P. S., & Pratama, P. M. (2020). Bentuk Pemertahanan Bahasa Oleh Mahasiswa Penutur Bahasa Jawa Dialek Mataraman di Malang: Kajian Pemertahanan Bahasa. Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya, 26(1), 8–20. https://doi.org/10.33503/paradigma.v26i1.743




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v12i1.3461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/