MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENGAJARAN BIPA

Srik Dahlena, Asnawi Asnawi

Abstract


BIPA adalah program khusus bagi orang asing yang ingin belajar bahasa Indonesia. Pembelajaran BIPA menggunakan media ajar yang kreatif agar dapat menarik minat pembelajar dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi media apa saja yang digunakan dalam pengajaran BIPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode atau pendekatan kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan alternatif media pembelajaran BIPA dapat digolongkan menjadi tiga bagian. Pertama, Metode penggunaan secara masal yang terdiri dari televisi, film, dan radio. Kedua, Metode penggunaan secara individual yang terdiri dari Kelas atau laboratorium elektronik, alat-alat auto instruktif, dan kotak unit pengajaran semacam kotak bacaan atau lestromol. Ketiga, Metode penggunaan secara konvensional seperti media catatan harian, surat kabar, teka-teki silang wayang, dan lain-lain.


Keywords


Media, Teaching, BIPA

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2019). Media pembelajaran. Depok: Rajawali Pers

Aryawan, F. N., Pamungkas, A. H., & Sonhadji, A. (2017). mpacts of BIPA Teaching Policy on Capacity Building of Course and Training System. Journal of Nonformal Education, 3(2), 164–178.

Dereh, N. (2019). Bipa Learning Media: Management and Problems. ISLLAC : Journal of Intensive Studies on Language, Literature, Art, and Culture, 3(1), 44–48. https://doi.org/10.17977/um006v3i12019p044

Devista, J. R., & Kadafi, T. T. K. (2021). Pemanfaatan Laman Web Make Beliefs Comix dalam Pembuatan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Komik Digital Utilization of Make Beliefs Comix Webpage to Making Indonesian Language Learning Media Based on Digital Comics. Jurnal Pendidikan, 30(2), 153–164.

Klimova, B. (2020). Benefits of the use of mobile applications for learning a foreign language by elderly population. Procedia Computer Science, 176, 2184–2191. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.09.255

Kusmiatun, A. (2015). Mengenal BIPA (bahasa indonesia bagi penutur asing) dan pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media.

Martyanti, Adhetia & Suhartini. (2018). Etnomatematika: Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Budaya Dan Matematika. Jurnal Indonesia Mathematics Education. Tersedia pada https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/Indomath/article/view/2212/pdf.

Melaloin, Hartini, & Mahayanti. (2020). Pemanfaatan Lagu sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Simple Past Tense. Journal for Lesson and Learning Studies, 108-119.

Muliastuti, L. (2016). BIPA Pendukung Internasionalisasi Bahasa Indonesia. Seminar Nasional Politik Bahasa Di Universitas Tidar Magelang, 1

Mustika, S., Simamora, P.J., & Rosliani. (2023). Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. Jurnal Ilmiah Aquinas. 6(2). 91-95.

Ramadanu, F. (2023). Pengaruh Media Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. Jurnal Ilmiah Aquinas. 6 (1), 68-72.

Ramadloni, S., Muliastuti, L., & Anwar, M. (2022). Pemanfaatan laman BIPA daring sebagai media pembelajaran BIPA berkonteks kearifan lokal di ASEAN. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA). 4 (1), 62-71. https://doi.org/10.26499/jbipa.v4i1.4723

Richardo, R. (2016). Peran Ethnomatematika Dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013. Jurnal Literasi. 7 (2), 121-134

Rosiyana. (2020). Pengajaran Bahasa Dan Pemerolehan Bahasa Kedua Dalam Pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing). Jurnal Ilmiah Korpus. 4(3), 374-382. https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.13839

Sahasti, J.P., Andayani., & Suyitno. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing: Studi Kasus di Universitas Negeri Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Unimed.

Salama, P., & Kadir, H. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Bipa Berbasis Budaya. Jambura Journal of Linguistics and Literature. 3 (1), 91-99.

Wiguna, M.Z., Putra, M.I., & Hafis, M. (2020). Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. Jurnal Education and Development. 8 (2), 19- 25

Wulandari, A, & Nurhadi, Z. (2022). Pemanfaatan Lagu Daerah Nusantara sebagai Media Pembelajaran BIPA berbasis Local Indigenous. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA). 4(2), 157-167. DOI: https://doi.org/10.26499/jbipa.v4i2.4959.

Zaenuri, M., & Yuniawan, T. (2018). Pengembangan Laman Media Audiovisual Bermuatan Materi Kebudayaan Indonesia sebagai Media Pembelajaran BIPA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 60–65. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/20226

Zed, Mestika. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta : Yayasan Obor. Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v12i1.3509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/