REPRESENTASI PERLAWANAN TOKOH MAHASISWA DALAM NOVEL LAUT BERCERITA KARYA LEILA S. CHUDORI

Sophia Arabella, Dzarna Dzarna, Dina Merdeka Citraningrum

Abstract


Novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori, merupakan novel yang memiliki unsur-unsur cerita menarik, seperti melihat kembali kepedihan yang dialami aktivis mahasiswa di masa Orde Baru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi perlawanan yang dilakukan oleh para tokoh mahasiswa kepada otoritas yang ditunjukkan melalui bentuk perlawanan terbuka dan perlawanan tertutup dalam novel Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan sosiologi sastra dengan teknik pengumpulan data berupa teknik baca dan catat. Metode analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis isi (content analysis). Sumber data yang digunakan adalah novel Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua bentuk perlawanan yang terdapat dalam novel Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori, yaitu perlawanan terbuka dan perlawanan tertutup yang di konfrontasikan berdasarkan karakteristik teori resistensi James. C Scott. Bentuk perlawanan terbuka yang ditemukan diantaranya adalah (1) Menyampaikan aspirasi, (2) Membangun kelas darurat, (3) Aksi demonstrasi, (4) Aksi Ngawi. Bentuk perlawanan tertutup yang ditemukan diantaranya adalah (1) perlawanan simbolik berupa berlari dan bersembunyi, (2) Grafiti politik, (3) Aksi subversif berupa menggandakan buku terlarang, (4) Diskusi.


Full Text:

PDF

References


Adianto, & As’ari, H. (2016). Model Penerapan Aspirasi Masyarakat Oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. JIANA, 14(2), 23-32.

Apandi, W. N. (2018). Perbezaan Seni Mural Dan Grafiti. Idealogy, 3(1), 103-108.

Basrowi, & Sukidin. (2003). Teori-Teori Perlawanan dan Kekerasan Kolektif. Surabaya: Insan Cendekia.

Budiarti, Y. O. (2014). Resistensi dari Objektifikasi terhadap Perempuan dalam Novel The Sinden karya Halimah Munawir. Skripsi. Semarang: Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro.

Dzarna. (2017). Nilai Pendidikan pada Kumpulan Puisi di Buku Paket “Inilah Bahasa Indonesiaku". FKIP e-PROCEEDING, 697-704.

Fals, I., Vardani, E. N., & Dzarna. (2023). Nilai Nasionalisme dalam Novel Habibie dan Ainun Karya Baharudin Jusuf Habibie dengan Pendekatan Sosiologi Sastra. SASTRANESIA, 11(3), 14-31.

Fraenkel, J., & Wallen, N. (2007). How to design and evaluate esearch in education (6th ed.). New York: McGraw-Hill.

Hall, S. (1997). Representasi: Representasi Budaya dan Praktik Penandaannya. London: Sage.

Indriyati, R. F. (2012). Politik dan Grafiti. Yogyakarta: POLGOV JPP UGM.

Kinasih, B. P. (2017). Pemaknaan Khalayak Pada Resistensi Perempuan Dalam Film Sucker Punch. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.

Panca W, M. (2011). Resistensi Pedagang Pasar Sumber Arta Bekasi Barat. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Panitia Penjusun Naskah Buku. (1996). 20 Tahun Indonesia Merdeka. Jakarta: Departement Penerangan.

Purnamasari , A., & Muta’ali , L. (2012). Kajian Spasial Ruang Publik (Public Space) Perkotaan Untuk Aktivitas Demonstrasi Mahasiswa di Kota Makassar. Bumi Indonesia, 1(2), 27-36.

Puspita, L. S. (2019). Gerakan Protes Mahasisswa Surabaya Terhadap Kekuasaan Orde Baru pada Mei Tahun 1998 Di Surabaya. AVATARA, 6(3), 1-10.

Putra, M. N. (2018). Resistensi Tokoh Utama Terhadap Kapitalisme dalam Novel Laskar Pelangi. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Rahayu, S. N. (2014). Narasi Perlawanan terhadap Rezim Orde Baru dalam Novel Para Bajingan yang Menyenangkan Karya Puthut EA: Perspektif Moral Ekonomi James C. Scott. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 1-18.

Ratna, N. K. (2007). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Scott, J. (1993). Perlawanan Kaum Tani. Yogyakarta: YayasanObor Indonesia.

Scott, J. (2000). Senjatanya Orang-Orang Yang Kalah. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Scott, J. C. (1993). Perlawanan Kaum Tani: Penerjemah Budi Kusworo. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Sjoraida, D. F., & Anwar, R. K. (2018). Dimensi Sosial dalam Pelayanan Aspirasi Masyarakat. Temali, 21-32.

Susilowati , E. Z., & Indarti, T. (2018). Resistensi Perempuan Dalam Kumpulan Cerita Tandak Karya Royyan Julian (Teori Resistensi-James C. Scott). BAPALA, 1(1), 1-11.

Usman, M. U. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v12i1.3536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/